Pebisnis itu Sikap Mental bukan Pekerjaan

Hari-hari terakhir, wacana tentang wirausaha, menjadi pebisnis, membuka usaha sendiri mulai sering kita dengar. Seminar-seminar bagaimana menjadi pebisnis profesional dan handal juga dibuka dimana-mana dengan peserta ratusan bahkan ribuan orang. Seharusnya kemudian muncul banyak bisnis-bisnis baru minimal separuh dari jumlah peserta seminar kan? Tapi kenapa yang muncul hanya segitu-gitu saja? Peningkatannya tidak signifikan? Padahal kran dukungan modal, ilmu bahkan mentor-mentor bisnis bertebaran.

Jawabnya cuma satu… SIKAP MENTAL

Banyak yang menganggap, menjadi wirausahawan itu adalah pekerjaan. Membuka usaha adalah pekerjaan. Berbisnis adalah pekerjaan. Padahal sejatinya, bisnis itu adalah sikap mental. Mental wirausahawan, mental petarung, mental pemberani. Continue reading Pebisnis itu Sikap Mental bukan Pekerjaan

Peluang itu Tak Terbatas !!

peluang-usahaPernah dengar kata-kata ini: “Peluang itu datangnya hanya sekali, jangan lewatkan kesempatan selagi ada”. Saya yakin pernah. Redaksinya mungkin beda tapi intinya mengatakan bahwa peluang atau kesempatan itu hanya sekali datang. Biasanya kata-kata ini diucapkan oleh pemasar asuransi, investasi dan MLM hehehe… Walaupun saya pernah jadi ketiganya, tapi alhamdulillah saya gak pernah bilang seperti itu 😀

Menurut saya, peluang itu datangnya bukan cuma sekali, bahkan berkali-kali. Malah lebih extrim lagi saya bisa katakan kalau peluang itu datang setiap detik. Selama ini saya belum pernah ketemu orang yang gak punya peluang usaha. Yang ada adalah orang yang bingung karena banyak peluang dimana-mana hehehe… Rasanya tiap hari dapatlah saya curhatan lewat email tentang bingungnya memilih peluang usaha.

Nah, kalau peluang usaha itu tak terbatas, trus kenapa masih banyak aja orang nganggur di dunia ini? Kenapa banyak orang yang bingung mau kerja apa? Saya menemukan jawaban yang mudah-mudahan bisa menampar kita. Continue reading Peluang itu Tak Terbatas !!

Fresh IDEA: COD Service

cash on deliveryMaaf nih, seri melawan mental block disela dulu. Mumpung ada ide, kuatirnya kalau disimpan-simpan malah lupa. Ide ini sebenarnya ditujukan untuk manajemen JNE, TIKI atau Pos Indonesia atau expedisi lainnya. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa anda manfaatkan kalau anda ingin membuka jasa expedisi juga dan suka keluyuran di jalan.

Saya beri nama ide ini COD Service. Yang mau pakai silahkan tak perlu ngajukan lisensi hehehe… Mudah-mudahan ada pegawai expedisi yang baca tulisan ini.

COD Service maksudnya adalah Layanan Cash on Delivery. Alias bayar di tempat. Ide ini berdasarkan kenyataan bahwa pengguna internet yang berbelanja semakin hari semakin banyak. Bukan tidak mungkin 1-2 tahun mendatang akan makin menggembung. Dan jasa ini akan booming. Continue reading Fresh IDEA: COD Service

Emas Batangan

Tadi siang saya jalan-jalan sama istri. Rencana sih mau ke carefour beli beberapa keperluan rumah tangga dan sekaligus nyari-nyari lemari untuk menyambut si kecil. Di jalan istri ngomong-ngomong kalau ada sedikit tabungan nganggur di BRI. Tak sengaja beliau mengatakan daripada habis dipotong administrasi mending dibelikan sesuatu (lemari).

Hmm.. saya pikir-pikir kalau dibelikan lemari sih sama juga bohong. Lha lemari sekarang berapa lama sih bisa bertahan. Dengan harga 750.000 misalnya paling bertahan 2-3 tahun aja. Setelah itu bentuknya udah gak karuan deh, reot disana-sini. Malah lebih untung aman ditaruh di bank.. hehehe.. Continue reading Emas Batangan

Nyoba Bisnis Offline to Online

Makin maraknya industri UMKM di tanah air, ditambah lagi kemudahan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet membuat produk toko online semakin menjamur. Nah, mumpung saya punya domain bagus, akhirnya saya coba untuk ikut-ikutan merambah daerah ini.

Ada banyak pilihan produk yang bisa dijual, tapi saya ingin mencoba berjuang di wilayah busana muslim. Ini tentu bukan hal mudah mengingat persaingan di bisnis ini sudah sangat besar dan melibatkan orang-orang kuat. Tapi, untuk saat ini saya masih mau coba fokus ke kaos anak Islam. Continue reading Nyoba Bisnis Offline to Online

Kerja dan Amal, Bedakah?

Kerja-amalAda sebuah komentar yang bagi saya sangat menggelitik, walaupun pada kenyataannya pemahaman tersebut cukup berbahaya. Dan masalahnya kemudian, ternyata pemahaman itu suka atau tidak, banyak dipegang oleh mayoritas kita. Nah, mudah-mudahan penjelasan ini bisa membuka cakrawala berpikir kita, dengan demikian akan terwujud masyarakat yang saling menguntungkan dan bekerjasama.

Bekerja dan beramal sebenarnya tidak boleh dipisahkan. Saat anda bekerja, anda harus menganggapnya sebagai sebuah amal kebajikan, niat yang tulus untuk memberikan yang terbaik buat orang lain. Demikian juga saat kita sedang beramal, kita juga harus sungguh2 mengerjakannya.

Maka sangat aneh sebenarnya jika anda membedakan antara kerja dan amal. Saat kita bekerja, maka kewajiban kita adalah menyelesaikan pekerjaan itu dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat sbesar-besarnya bagi orang lain.

Nah, orang yang membayar kita juga harus melaksanakan kewajibannya membayar kita dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak membayar, berarti dia melalaikan kewajiban. Terserah kita apa mau menuntut hak atau tidak perlu menunaikan kewajiban bekerja kita.

Continue reading Kerja dan Amal, Bedakah?

Bisnis Hosting

Bisnis-hostingBeberapa hari ini, saya mencoba bisnis baru yaitu bisnis hosting. Memang sejak dulu sudah kepengen banget terjun di bisnis ini. Cuma seringkali terkendala masalah dana dan juga kemampuan. Bisnis hosting kan gak semudah bisnis lainnya. Butuh lebih banyak ilmu di bisnis ini termasuk juga mengenal aneka macam script yang mungkin dipasang oleh klien. Soalnya seringkali akibat kesalahan klien sendiri, pihak hosting yang jadi sasaran.

Tapi seorang teman kemudian mengabarkan kepada saya metode cantik untuk jualan hosting dengan modal awal $0. Yup, modal awalnya gratis alias kita bisa coba-coba dulu. Tapi kalau kita mau serius hasilnya juga sangat lumayan. Targetnya juga gak muluk-muluk kok. Cuma 1 klien per bulan. Dari 1 klien ini, kita bisa dapat $50 – $125 tergantung dia mau beli paket yang mana. Enak kan?

Continue reading Bisnis Hosting

Anda Kerja untuk Apa?

Ini pertanyaan penting sebelum anda memulai suatu pekerjaan apapun. Jawaban pertanyaan ini sangat menentukan kualitas pekerjaan yang anda hasilkan nantinya. Dan kualitas ini tentunya berbanding lurus dengan rejekin yang bakal anda dapatkan.

Ada suatu cerita 3 orang tukang batu. Pekerjaan mereka sama, gaji sama, tapi niat lain. Ya, jawaban mereka atas pertanyaan untuk apa anda bekerja benar-benar lain. Dan mari kita lihat bagaimana mereka bekerja.

Pekerja pertama menumpuk bata-bata begitu saja. Dia bekerja dengan sangat cepat tapi sama sekali tidak rapi. Diapun kerja dengan bibir yang jauh dari senyum

Pekerja kedua menumpuk bata satu per satu dengan senyum. Meluruskan letaknya dan mulai melapisinya dengan semen. Pekerja inipun bekerja dengan cepat tapi masih sedikit santai

Pekerja ketiga menumpuk bata dengan lamban. Dia meletakkan bata-bata begitu rupa sehingga nampak artistik. Diapun melapisinya dengan semen dan memolesnya dengan begitu halus. Semen yang dipakaipun nampak begitu lembut seolah-olah disaring menggunakan saringan paling halus.

Continue reading Anda Kerja untuk Apa?