Misi Hidup

Mumpung lagi jalan ke Malang nengok anak yg lagi mondok, saya ingin coba share tentang Misi Hidup.

Misi adalah tujuan atau target yg musti dicapai. Misi hidup berarti tujuan hidup yg musti dicapai.

Tiap orang bebas punya misi, tp sayang gak banyak yg memiliki misi hidup. Padahal tanpa misi, hidup akan seperti orang jalan tanpa tujuan.Jika kita punya udah 100 ribu trus penggil taksi dan katakan tujuan kita, maka bisa di estimasi kira2 uang 100rb itu cukup atau kurang. Kalau kurang, kita bisa melakukan planning dg mengubah transportasinya. Mungkin memakai angkot atau naik motor. Ada byk cara mencapai tujuan jika kita memilikinya.

Tapi jika kita punya duit tapi gak punya tujuan, maka ada 2 kemungkinan. Duit itu habis dan kita gak kemana2, atau kita muter2 aja di sekeliling kampung pakai taksi. Tak ada hasil yg kita capai dan bisa kita syukuri.

Saya heran, ternyata ada banyak orang yg memiliki prinsip hidup mengalir saja seperti air. Padahal air sendiri, punya tujuan yaitu ke laut. Lewat manapun dia, meresap ke tanah dulu, lewat pipa ledeng atau lewat air mineral dalam botol.

Tapi yg berprinsip mengalir aja, ternyata tidak mengalir aja, melainkan melayang saja seperti asap. Lihat asap, prinsipnya asal ke atas. Gak peduli atas yg mana. Mudah terombang-ambing oleh angin. Klo angin ke timur, dia ke timur. Kalau ke barat dia ikut ke barat.

Nah, tinggal kita pilih yg mana? Mau punya tujuan dg perencanaan seperti seorang musafir, mau ada tujuan tapi tanpa rencana yg penting sampe seperti air atau gak ada tujuan yg penting hidup dan akhirnya mati seperti asap?

Misi hidup, akan menentukan bagaimana kita menjalani hidup ini.