Netral atau Memihak

Pagi itu saya dan pak RT harus menjadi mediator perselisihan dari dua orang warga. Masalah ketidaknyamanan atas kegiatan dari salah satu warga. Sebelum acara dimulai, Pak RT memberikan brieafing sebentar. Salah satu pesan beliau adalah kita kan cuma mediator pak, jadi harus tidak memihak alias netral. Continue reading Netral atau Memihak

Strategi dibalik Aksi Boikot

Boleh dibilang, saat ini kita dlm kondisi perang. Perang di jaman ini bukan menggunakan peluru atau rudal, tapi menggunakan opini. Tujuan akhirnya ya kekuasaan. Karena penguasa, punya semua sumber daya untuk menjalankan misi-misinya sendiri.

Jika kekuasaan dipegang non muslim, sudah pasti misi agamanya lebih didahulukan daripada misi agama lain. Soal alasan, ah gampang banget bikin alasan yang “masuk akal” apalagi jika didukung oleh media. Alasan paling konyolpun bisa dipakai. Gak perlu mikir lama-lama.

strategi-perang

Continue reading Strategi dibalik Aksi Boikot

Berjuang dalam Senyap

Alhamdulillah Aksi Damai 212 berlangsung dengan lancar dan aman. Meski diikuti jutaan massa namun hingga semua terkendali dan massa dapat menyampaikan tuntutannya dengan tertib.

monas

Walaupun di berbagai media dikatakan bahwa ini ibadah bersama, sholat jumat bersama, doa bersama dan berbagai istilah lainnya, tetap tidak akan mampu menghilangkan inti dari acara ini yaitu tuntutan agar penista agama dipenjara. Continue reading Berjuang dalam Senyap

Menguji iPhone

Beberapa hari ini saya lagi males banget ngapa-ngapain. Akhirnya iseng-iseng browsing youtube dan mata saya tertuju pada sederetan video pengujian iPhone yang sangat gak masuk akal.

Saya jadi ingat dulu ada seorang yang jualan blender dan cara jualannya sangat unik dan yang paling booming adalah saat dia memblender iphone. Entah karena niru ini atau alasan lain, sekarang iphone jadi bulan-bulanan para youtuber. Mereka rame-rame bikin video menghancurkan iphone.

Sebenarnya ada banyak sekali videonya, anda bisa coba search iphone survive. Saya akan pilihkan beberapa video saja yang menurut saya paling niat banget

iPhone vs Pemotong Intan

Pertama, iPhone berhadapan dengan pemotong intan. Bayangin deh, batu intan yang sekeras itu aja bisa terpotong, apalagi cuma iPhone. Dan hasilnyapun bisa ditebak, tuh gadget langsung terpotong jadi dua

Awas! Nama anda DICATUT orang di Facebook

Facebook saat ini memiliki lebih dari satu milyar pengguna. Statistik yang dirilis oleh Statista.com menunjukkan bahwa pengguna aktif facebook saat ini mencapai 1,55 milyar. Ini tentu angka yang sangat besar.pengguna-fb

Namun masalahnya, dibalik besarnya pengguna tersebut ada begitu banyak akun palsu dan salah satunya mungkin mencatut nama anda. Dia bertindak seperti anda, mengambil foto-foto anda dan membuat status seolah-olah dia itu anda. Continue reading Awas! Nama anda DICATUT orang di Facebook

Bebas Bayar – Solusi Pembayaran Keluarga

Kurang lebih sekitar akhir oktober yang lalu saya bergabung dengan Bebas Bayar. Sebenarnya sudah lama sih dapat infonya, tapi karena waktu itu masih fokus ke yang lain akhirnya informasi itu hanya lewat begitu saja tanpa saya tanggapi. Padahal seandainya waktu itu saya sudah gabung, mungkin penghasilan saya saat ini sudah sangat besar hehehe..

Wah, kok bisa dapat penghasilan besar dari Bebas Bayar? Sejenis bisnis apakah itu?

Tenang..tenaaang… nyantai dulu. Sediakan kopi panas dan cemilan agar ngobrolnya tambah enak. Udah siap? Oke, mari kita mulai…. Continue reading Bebas Bayar – Solusi Pembayaran Keluarga

Kekuatan Media Sosial

Media sosial sebenarnya sudah muncul lama. Dulu kita mengenal friendster yang sangat fenomenal. Namun, friendster akhirnya ambruk dan tergerus arus blog. Friendster saat itu hanya mampu menampilkan profile pemiliknya. Tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain gonta-ganti desain profil atau memberikan testi di profil teman. Sempat ada semacam blognya, tapi karena tidak ada semacam newsline akhirnya orang jadi malas menulis. Apalagi jarang banget yang melirik tulisan di blog friendster.

Booming blog-pun merambah dunia maya. Semakin populernya wordpress membuat para friendster rame-rame nge-blog. Saling berkunjung blog sudah menjadi hal rutin. RSS Feed Reader adalah tool wajib yang dimiliki setiap blogger. Mereka bisa memantau blog teman-temannya melalui tool itu. Kalau ada artikel baru, langsung TKP dan komen. Continue reading Kekuatan Media Sosial

Daur Ulang Botol Plastik

Botol plastik merupakan sampah yang membutuhkan proses yang sangat lama agar bisa hancur. Tak hanya itu, botol plastik juga memakan banyak volume sampah, karena ada ruang kosong di tengahnya. Sehingga jika terlalu banyak botol plastik, kapasitas sampah yang bisa diangkut petugas akan makin sedikit. Kita bisa mulai coba mengurangi sampah botol plastik dengan mengolahnya lebih dahulu, menjadikannya produk-produk yang layak pakai bahkan bisa menjadi peluang bisnis tersendiri.

Inilah contoh-contoh cara daur ulang plastik yang bisa kita coba di rumah. Semoga bermanfaat Continue reading Daur Ulang Botol Plastik

Kontribusi Masyarakat terhadap Kotanya

Saya tinggal di Surabaya. Jika anda dari luar kota dan kebetulan singgah di Surabaya, anda akan menemukan sebuah kota yang hijau, taman-taman dengan aneka ragam bunga. Jalan-jalan juga bersih tanpa sampah. Kemacetan di Surabaya juga tidak terlalu parah, biasanya terjadi di jam-jam masuk kantor/sekolah dan jam pulang saja. Itupun paling tidak sampai berjam-jam, mungkin paling lama ya 2 jam-an walaupun jarang sekali terjadi.

Tapi tahukah anda, bahwa masyarakat Surabaya kebanyakan bukanlah orang yang pandai menjaga kebersihan. Buang sampah di tempatNYA, akan terbaca BUANG SAMPAH DI TEMPAT (tanpa nya). Alias dimana dia berdiri di situ dia buang sampah. Continue reading Kontribusi Masyarakat terhadap Kotanya