Tom and Jerry


Pernah nonton film ini? Saya yakin pernah. Kalaupun anda tidak pernah nonton film kartun setidaknya anda pernah melihat sekilas tayangannya. Tapi kalau memang gak pernah lihat sama sekali ya udah akan saya ceritakan sedikit ide cerita film ini.

Tom and Jerry adalah film kartun yang menceritakan perselisihan abadi Kucing dan Tikus. Bahkan sekarang sudah ada sekuelnya yaitu Tom and Jerry Kids dimana ceritanya juga sama yaitu meneruskan pertengkaran orang tua mereka. Walaupun pada jaman sekarang sukar kita lihat ada kucing mengejar tikus, tapi nampaknya Tom and Jerry masih terus berkejar kejaran dan saling menghajar.

Tadi pagi saya sempat mikir, sepertinya seperti itulah dunia ini. Selalu ada Tom and Jerry. Ada kebaikan dan kejahatan. Bahkan sekarang ini sudah tidak tahu lagi mana yang benar dan mana yang salah. Kedua belah pihak mengaku sebagai pengusung kebenaran. Lihat saja bagaimana Amerika menghajar Irak dengan alasan mewujudkan perdamaian. Sementara Irak mempertahankan diri dan menghajar pasukan AS dengan alasan yang sama membawa perdamaian.

Masih di tanah Timur Tengah, bagaimana permusuhan abadi Tom and Jerry masih berlangsung di Israel dan Palestina. Palestina dengan rudal-rudal kecilnya dan pasukan bom bunuh dirinya menyerang Isreal. Sementara Israel dengan kekuatan jauh lebih besar membumi hanguskan Palestina. Apa alasan keduanya? Mewujudkan perdamaian di negerinya masing-masing. Semua ingin bisa tidur nyenyak seperti Tom. Jerry juga ingin bersantai di lubang tikusnya. Tapi saat yang lain sedang tenang, yang satu merusaknya dengan alasan agar dia bisa tidur dan tenang.

Memang susah dipikir bagi orang yang berakal sehat. Tujuan sama, keinginan sama, visi sama, pendapat sama. Semua ingin hidup tenang dan damai, tapi anehnya untuk meraih perdamaian itu harus menciptakan kerusuhan.

Tapi kemudian saya mulai berpikir, mungkin Allah sengaja membiarkan ini semua. Agar selalu ada medan Jihad bagi umat Islam. Agar selalu ada alasan bagi umat ini untuk terus berjuang dan berdakwah. Sejak jaman Rasulullah SAW, kedamaian umat ini selalu diusik dan diganggu. Kenapa? Agar umat Islam tidak terlena. Kedamaian yang pernah diwujudkan dalam kekhalifahan, ternyata malah melengahkan umat ini sehingga akhirnya runtuhlah sudah. Kini Islam kembali diusik dan dianiaya. Tom and Jerry kembali terjadi. Kafir dan Islam kembali harus bertemu di medan juang.

Sampai kapan hal ini terjadi? Mungkin hingga sangkakala ditiup oleh Isrofil. Saat semua orang dikumpulkan jadi satu di padang maksyar. Saat itulah perdamaian bisa kita rasakan. Saat itulah mungkin kita tahu siapa yang salah dan siapa yang benar. Saya yakin, selama pabrik senjata masih berdiri kokoh, sementara para ilmuwan sibuk mengembangkan senjata, mereka akan selalu butuh sasaran-sasaran baru. Walaupun seluruh umat Islam syahid atau seluruh orang kafir tewas, selama senjata masih terus diproduksi, selama itu juga kita harus terus bersiaga.