Belajar Makan Sendiri

Sudahkah kita Mandiri?


Belajar Makan Sendiri
Belajar Makan Sendiri

Menurut anda mandiri itu apa? Bagi anak-anak TK Mandiri bisa diartikan tidak tergantung lagi pada orang tua. Mandi sendiri, makan sendiri, pakai baju sendiri sampai bermain sendiri (yang terakhir ini kasihan banget sebenarnya).

Lalu apa arti mandiri bagi orang dewasa? Apakah sama dengan anak TK? Hayoo jawab yang jujur. Apakah Mandiri bagi anda masih sama seperti anak TK yaitu tidak bergantung pada orang tua lagi?

Dalam kamus Bahasa Indonesia, arti mandiri adalah:

man·di·ri a dl keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pd orang lain: sejak kecil ia sudah biasa — sehingga bebas dr ketergantungan pd orang lain;
ke·man·di·ri·an n hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pd orang lain

Tidak bergantung pada orang lain. Dan orang tua hanyalah salah satu diantaranya. Orang lain banyak sekali kan? Menjadi manusia mandiri adalah tidak bergantung pada orang lain. Berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri dengan caranya sendiri.

Lalu bagaimana dengan orang yang masih bergantung pada gaji bulanan? Bisakah ini disebut Mandiri? Bagaimana dengan yang hanya bergantung pada Pemerintah? Bisakah ini disebut Mandiri.

Saya sangat salut sekali pada negara Iran. Ditengah embargo dari banyak negara, Iran justru berkembang. Bisa memaksimalkan semua potensi yang ada dalam negerinya.

Kitapun sebenarnya bisa menirunya. Bukan dalam lingkup negara karena itu bukan urusan kita sebagai rakyat. Tapi kita bisa meniru dalam lingkup kecil keluarga. Misalnya kita berupaya menggunakan energi yang kita terima sehari-hari. Memanfaatkan atap rumah untuk menanam sayur mayur, mengatur jendela dan ventilasi agar rumah dingin tanpa perlu menghidupkan AC. Dan memanfaatkan semua keahlian dan kreatifitas kita untuk membuat produk atau usaha sendiri.

Kalau anda mengatakan tidak bergantung pada orang lain. Dan menganggap perusahaan tempat anda bekerja sekarang ini bukanlah termasuk bergantung pada orang lain, maka coba keluarlah dari tempat kerja. Kalau anda tidak berani, bahkan lebih rela melanggar larangan agama hanya agar bisa tetap berada disana, maka anda bukanlah manusia Mandiri.

Bergantung pada satu usahapun juga bukanlah sebuah kemandirian. Seyogyanya kita senantiasa punya potensi yang perlu dimaksimalkan. Letak rumah yang strategis sangat sayang kalau tidak dipakai usaha. Mengolah air pribadi, mulai belajar bercocok tanam sendiri dan belajar masak menggunakan hasil kebun kita, adalah sebuah usaha kemandirian. Kalau itu sudah kita tangani, kita takkan terpengaruh dengan kenaikan harga. Biar cabe harganya sejuta per kilo, kita santai aja karena di atap rumah ada cabe yang siap dipetik kapan aja.

Saya sendiri walau saat ini belum semandiri itu karena masih belajar kecil-kecilan bercocok tanam sudah mulai menabung teknik-teknik memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan air keluarga. Ujicoba tanam cabe alhamdulillah sempat berbuah walau akhirnya mati kena serangan hama.. hehehe..

Tapi sebagaimana anak-anak kita dalam usahanya menjadi Mandiri, mereka sangat mungkin jatuh-jatuh saat belajar jalan sendiri. Belepotan mulutnya saat belajar makan sendiri, kedodoran baju atau salah kancing saat berusaha pakai baju sendiri dan sabun masih banyak bersisa gara-gara belajar mandi sendiri.

Kita takkan pernah bisa mandiri kalau kita tak pernah belajar. Kita akan selalu tergantung pada orang lain. Dan saat yang menjadi tempat kita bergantung tidak lagi sesuai dengan rencana, maka saat itulah bom waktu meledak