Apakah Saham itu Judi? 1

Apakah Saham itu Judi?


Beberapa ulama menganggap bahwa investasi saham itu judi. Namun, kalangan ulama lain menganggapnya hanya sebuah muamalah biasa. Mana yang benar?

Benar atau salah sebenarnya tergantung pada person masing-masing mengingat seseorang memutuskan beli dan jual suatu saham berdasarkan pertimbangan masing-masing yang tentu tidak bisa disamakan.

Ketika ada suatu perusahaan misalnya tiap tahun mampu mendapatkan keuntungan yang cukup besar sehingga rajin membagikan deviden dari hasil usahanya. Nah, kemudian anda membeli saham perusahaan itu dengan harapan agar ikut merasakan hasil usaha perusahaan.

Hal seperti ini akan masuk ke hukum kerjasama muamalah biasa dimana ada bagi hasil usaha. Dengan catatan usahanya halal ya. Kalau usahanya usaha yang tidak halal ya mau model kerjasama kayak gimanapun tetap haram.

Inilah yang jadi sebab saham itu judi?

Kembali ke pertanyaan apakah saham itu judi? Jawabnya bisa ya bisa tidak. Contohnya ketika ada seseorang terutama yang baru masuk dunia saham.

Mendengar betapa enaknya para investor saham. Sehari uangnya bisa naik 10x lipat! Akhirnya dia nekat terjun di dunia saham tanpa mau belajar dulu, tanpa mau melakukan ujicoba dan pelatihan. Langsung nyemplung dengan segudang harapan uangnya akan berlipat ganda dalam sekejap.

Saat melihat market, dia bingung lalu asal pilih saham yang kebetulan muncul di running trade. Hasilnya apa?

Ya kadang untung, kadang malah nyangkut.

Model jual beli seperti ini hanya mengharapkan pergerakan harga saja dan modal insting-instingan. Boleh dibilang untung-untungan lah. Kalau menurut saya, gaya main saham seperti inilah yang masuk kategori judi.

Saham itu judi
Main saham dengan cara untung-untungan adalah termasuk judi.

Bagaimana agar terhindar dari perjudian di dunia saham?

Yang harus diperhatikan pertama adalah ilmu. Seseorang yang bergerak dengan tanpa ilmu ya ibarat orang berjalan dengan mata tertutup. Kalau beruntung bisa nyampe lokasi, kalau sial yang nyemplung kali.

Nah, dengan mempelajari pola market, mempelajari apa bedanya perusahaan yang bagus dan perusahaan yang buruk. Belajar bagaimana memanfaatkan indikator-indikator untuk menentukan trend. Belajar cara screening untuk mendapatkan daftar saham yang potensial, maka segalanya akan jauh lebih terbuka.

Bahkan, jika anda sudah punya rule trading yang teruji dengan baik, maka bukan tidak mungkin anda bisa melakukan trading saham sambil tutup mata alias hanya memanfaatkan auto order saja.

Belajar Saham Gratis

Ada banyak sekali sumber pembelajaran saham gratis. Mulai website-website yang dibangun oleh para guru saham, ada juga channel-channel youtube saham yang bisa anda ikuti dan pelajari ilmunya.

Namun tentu, akan sangat nyaman jika anda belajar di website yang sudah terstruktur materinya sehingga anda bisa mempelajarinya secara lengkap.

Kami telah merangkum dan mengumpulkan semua materi saham di web ini ke dalam sebuah page belajar saham untuk pemula agar anda bisa mempelajari dengan lebih nyaman dan urut.

Tentu di luar sana ada banyak sekali para pemula dunia saham yang juga masih bingung seperti anda. Maka, silahkan anda share artikel ini kepada mereka sehingga mereka juga bisa bersama-sama dengan kita di sini untuk belajar saham dengan lebih baik.

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

One thought on “Apakah Saham itu Judi?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.