Pendapatan Pas-pasan bisa Investasi? 1

Pendapatan Pas-pasan bisa Investasi?


BISA! Caranyapun sebenarnya mudah dan semua orang sejatinya bisa melakukannya asalkan punya perencanaan yang baik.

Pepatah mengatakan, “Gagal dan merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”.

Bagaimana caranya agar pendapatan pas-pasan bisa berinvestasi?

BUAT JURNAL KEUANGAN

Apa yang tidak dapat diukur maka tidak dapat ditingkatkan. Bagaimana anda tahu bahwa anda sudah berhemat kalau gak pernah dicatat? Mengandalkan ingatan saja itu omong kosong. Manusia tempatnya lupa jadi gak usah sok ingat semua pengeluaran anda selama sebulan penuh.

CATAT… CATAT dan CATAT… SEMUA PENGELUARAN

Anda mungkin tidak harus mencatat semua secara detil. Tapi cukup secara global dulu. Misalnya, makan di warung habis berapa? Catat. Ke minimarket habis berapa? Catat. Anak minta jajan sehari ini habis berapa? Catat.

Catat jumlah2-nya saja. Tidak perlu detil per item-nya.

Setelah 1 bulan, review catatan anda, apakah pengeluaran di bawah pendapatan atau malah di atas penghasilan?

Jika masih besar pasak daripada tiang, maka mulai buat kolom di samping kolom pengeluaran anda lalu tuliskan harusnya bisa dihemat sampai berapa?

Misalnya makan di warung selama sebulan ini kok tiap malam, jika makan di rumah bisa hemat, maka coret makan di warung, ganti dengan makan di rumah dg budget berapa.

Lalu ke minimarket kok ternyata selalu habis banyak, inget2 lagi seringnya ke minimarket beli apa yang gak perlu? Contohnya saya dulu tiap ke minimarket selalu beli minuman botol. Sekali mungkin murah, tapi kalau tiap ke minimarket beli itu ya jadinya lumayan juga selama sebulan wkwkwk…

Lha minumannya 7rb, sehari paling gak 2x jadi 14rb. Sebulan bisa 40x ke minimarket. Artinya pemborosannya 40 x 7rb = 280rb. Lha kalau gaji cuma 2,8 juta kan berarti 10%-nya hanya buat beli minuman doang hahaha…

Nah, coret kebiasaan yg gak perlu saat di minimarket.

FINANCIAL PLANNING

Kalau sudah coret2 dan kelihatan budgetnya yang alhamdulillah sudah di bawah penghasilan, hitung sisanya berapa. Misalnya sisa 500rb. Maka bulan depan, begitu dapat gaji langsung potong 500rb.

Cuma sisa 100rb doang mas? Gpp, ambil dulu.

Bisa langsung belikan emas atau nabung emas online sehingga uang itu tidak gampang terpakai lagi.

Jika pilih emas online, bisa pakai aplikasi Tamasia. Silahkan download di sini: https://cb8.me/tamasia lalu saat pendaftaran gunakan kode referral: ISXOT6B

Lalu setiap kali mau ke minimarket atau warung atau ingin beli hal-hal yang tidak anda inginkan, cek selalu budgetnya.

Budget utk belanja wajib seperti bayar tagihan, hutang, bayar sekolah, dll harus dipotong dulu di awal semua. Masukkan dalam amplop khusus.

Budget belanja sehari-hari langsung dibagi 31 hari dan jangan pernah habiskan lebih dari jatah hari itu.

TURUNKAN EGO dan GENGSI

Kebanyakan orang belanjanya melebihi penghasilan bukan karena butuh, tapi karena gengsi, ego, dll. Ke minimarket butuhnya cuma beli sabun eh beli minuman juga, beli promo di rak kasir juga. Padahal gak perlu. Akhirnya belanja membengkak.

Tapi malu mas masak ke minimarket cuma beli 1 doang?

Lha emang siapa yang coba menghina sampeyan ke minimarket beli 1 doang? Saya sering tuh beli cuma 1 doang, itupun gak nyampe 5.000 harganya. Santai aja tuh. Dan belum pernah saya tahu ada yang nyeletuk kok cuma 1 aja. Kalaupun ada ya tinggal bilang, iya cuma 1 aja. Beres.

Wong dia gak ikut bayarin belanja kita kok. Ngapain sewot dengan omongan orang?

BERI REWARD PADA DIRI SENDIRI

Jika berhasil melakukan penghematan bulan ini, cek berapa sisanya? Nah, manfaatkan itu untuk reward pada diri sendiri atau keluarga. Bisa ajak makan, belikan sesuatu yang disuka atau yang lainnya.

Tapi inget! Hanya gunakan uang sisa belanja yang berhasil dihemat saja.

Kalau gak ada sisa gimana? Gpp, bulan depan dicoba lagi.