Pelajaran Mahal dari Jatuhnya Pesawat


Berita tentang jatuhnya pesawat mungkin bukan kali ini saja kita dengar. Sudah beberapa kali peristiwa jatuhnya pesawat menghiasi surat kabar. Namun, statistik membuktikan bahwa pesawat masih termasuk sarana transportasi yang paling aman. Bukan secara jumlah lho, tapi secara rasio.

Kenapa kok bisa begitu? Padahal kalau dari sisi resiko, sebenarnya pesawat itu resikonya termasuk besar dan jika terjadi selalu menimbulkan korban jiwa, tapi kok bisa jadi sarana paling aman?

Hal ini karena setiap kali ada pesawat jatuh, maka seluruh komponen melakukan penyelidikan menyeluruh penyebabnya. Bukan hanya mencari tahu penyebab teknisnya tapi juga penyebab non teknis.

Dari penyebab-penyebab itu kemudian dibuat SOP sebelum pesawat berangkat. Check List ini wajib dipatuhi setiap kali pesawat akan take off, saat di udara dan hingga mendarat dengan selamat di darat.

Setiap kali ada pesawat jatuh, akan dicari penyebabnya secara detil dan petugas yang melakukannya harus benar2 bekerja dengan benar sesuai fakta. Tidak boleh ada yang ditutupi. Walaupun mungkin sepele. 

Contohnya pernah ada kecelakaan pesawat hanya gara2 pilot tidak konsentrasi saat take off. Penyebabnya karena ada pramugari yg masuk ruang pilot. Maka di semua penerbangan sekarang saat take off dan landing ruang pilot harus steril dan hanya boleh ada pilot dan co-pilot saja di dalamnya.

Berbeda dengan kecelakaan kendaraan yg lain. Polisi seringkali hanya menduga-duga saja. Ngantuklah, motor oleng lah, melanggar rambu dan macam-macam alasan lain yang seringkali tidak berdasar fakta di lapangan dengan penyelidikan menyeluruh. Maka jangan heran kalau kecelakaan di darat tidak mengalami pengurangan yg signifikan. Hal ini diperparah lagi oleh pengendara yang enggan mematuhi prosedur keamanan standart yg diterapkan pemerintah.

Pelajaran Mahal Sebuah Kegagalan

Dalam hidup kita juga sering mengalami kegagalan demi kegagalan. Ada yang mengutuk kegagalan itu, tapi beberapa orang justru menjadikan kegagalan itu sebagai sebuah pelajaran yang mahal.

Sama seperti kecelakaan pesawat, orang2 ini melakukan investigasi menyeluruh kenapa kok hal yang sudah direncanakan matang masih saja gagal. Hasil penyelidikan ini walaupun ternyata adalah kesalahan dari dirinya sendiri maka akan diterima dengan baik dan menjadi catatan tersendiri saat melangkah di rencana berikutnya. The Show Must Go On..

Bagaimanakah anda menyikapi kegagalan? Mengutuknya atau menerimanya sebagai sebuah pesan yang harus diungkap isinya melakukan penyelidikan dan penyelidikan menyeluruh

Tak banyak yang bisa seperti ini dan hanya orang yang sabar dan bersyukur saja yang mampu memahaminya dengan baik