Menjadi pelajar seumur hidup


Saya mempelajari pada diri orang² sukses adalah bahwa kita harus terus belajar. Apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, segala sesuatu bisa berubah dg sangat cepat.

Tidak ada lagi yg namanya kondisi ideal dan stabil. Semua lini harus terus mengikuti perkembangan jaman.

Kita harus mau terbuka pada segala kemungkinan baru. Pengalaman tidak dapat dijadikan patokan utama. Kita harus mampu melihat kemana arah pasar.

Di dunia pemasaran digital, saat ini anak² muda sudah mulai meninggalkan instagram. Penghuni instagram adalah anak² muda yg saat ini sudah dewasa bahkan sudah memiliki anak.

Sementara tiktok jadi tren baru anak² remaja jaman sekarang. Boleh jadi saat generasi tiktok ini sudah dewasa juga, sdh menikah dan punya anak, maka tiktok akan kembali membosankan dan entah aplikasi baru apa lagi yg akan datang.

Jika sasaran pasar anda adalah anak² muda, maka mau tak mau anda harus mulai penetrasi pasar tiktok sekarang.

Tapi jika market anda adalah keluarga muda yg masih memiliki orang tua maka instagram dan Facebook masih bisa jadi andalan.

Tapi jangan abaikan tiktok yg saat ini digandrungi anak muda. Karena beberapa tahun mendatang mereka akan jadi market anda.

Maka, sdh waktunya juga utk mulai membangun aset jangka panjang di tiktok.

Bisa berisi edukasi terhadap topik yg sesuai produk atau sekedar lucu²an utk menambah follower.

Intinya sih kita harus selalu tanggap pada perubahan dan perubahan di jaman sekarang jauh lebih cepat daripada jaman dahulu