Mendukung ARB Simetris kembali 1

Mendukung ARB Simetris kembali


Selama pandemi, BEI menerapkan aturan ARB terbatas yaitu hanya 7% saja. Nah, ke depan BEI akan kembali menerapkan ARB simetris yaitu hingga 35% dengan perincian sebagai berikut:

  • Harga 50 – 200 : ARB 35%
  • Harga 200 – 5.000 : ARB 25%
  • Harga di atas 5.000 : ARB 20%

Selama pandemi aturan terkait auto reject tidak simetris diberlakukan berdasarkan SK Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00023/BEI/03-2020 perihal Perubahan Batasan Auto Rejection. Adapun keputusan itu telah berlangsung sejak 9 Maret 2020.

Mendukung ARB Simetris kembali 2

Jam perdagangan juga akan kembali ke normal yaitu hingga pukul 16.00 WIB.

Secara pribadi, saya mendukung banget kebijakan ini. Sebab ARB yang nanggung cuma 7% itu di banyak kasus justru bikin susah jualan saham saat harga turun.

Dengan ARB 35% misalnya, maka ketika turun 10% itu biasanya masih ada yang nangkap, sebab udah dianggap cukup turun. Hingga akhirnya bisa terjual di -10%.

Nah, kalau cuma 7% kan nanggung, mau ditangkap cuma turun 7%, akhirnya ya nunggu. Besoknya karena takut pada gak kejual akhirnya opening langsung pasang harga di -7% dari close kemarin. Ya ARB lagi dah.

Bagi yang doyan serok saham diskon, ARB simetris juga menghemat waktu tunggu. Kalau emang jatuh ya udah sekalian langsung 35% dan siap serok besoknya. Seringkali gak perlu nunggu 2x ARB harga sudah naik kembali.

Bagaimana dengan anda?

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.