Mempertahankan Keimanan


Satu hal yang paling susah di dunia ini adalah mempertahankan keimanan. Banyak tips sebenarnya, tapi terkadang diri inilah yang harus berjuang sendiri. Saya sendiri sering mengalami pasang surut ruh keimanan dalam diri.

Lalu bagaimana mengatasi iman yang naik turun bahkan kayak badai saja naik turunnya amat sangat cepat. Biasanya saya akan coba menyibukkan diri dengan tilawah dan menghafal. Targetnya cuma menghabiskan waktu saja. Kata ustad saya dulu, sekuat-kuatnya syetan itu hanya mampu mendengar sampai 2 lembar Al-Quran. Jadi kalau mau enteng membaca, harus lebih dari 2 lembar sekali baca.

Ya, cara itu saya anggap cukup gampang. Walaupun kadang sulit juga apalagi pas lagi turun-turunnya. Jangankan membaca 2 lembar, megang aja udah males. Itu karena syetan gak mau Iman kita naik lagi. Jadi pas kita mau makan obat penghilang syetan itu, maka dengan segenap tenaga syetan menghalangi langkah kita.

Banyak sekali akalnya. Yang batuk-batuk lah, yang haus lah, yang tiba2 ada telp, atau bahkan diganggu dengan urusan duniawi seperti ada yang order CD. Kadang juga dibisikin ke telinga kita ide2 bisnis yang menggiurkan sehingga kita jadi enggan membaca lalu sibuk lagi dengan urusan dunia.

Bagaimana kalau itu terjadi?

Biasanya saya akan mengatakan pada diri sendiri. CUMA 30 MENIT BOS !! Ya, baca Al-Quran 2 lembar insya Allah gak sampai 30 menit selesai kok. Baca aja, gak perlu mengartikan apalagi menghafalkan. Nanti kalau rasa hati sudah plong, baca Al-Quran udah terasa ringan, baru deh ditingkatin dengan menghafal.

Yah, tips singkat, mudah-mudahan bisa bermanfaat.