Investasi dulu baru Belanja


Biasanya kita menabung atau berinvestasi itu setelah belanja macem-macem dan sisanya (kalau ada) barulah diinvestasikan. Sehingga mindset-nya tabungan adalah uang sisa. Masalahnya, bagi mereka yang penghasilannya pas-pasan, cara ini justru membuat mereka kesulitan untuk menabung. Sebab apa? Sebab uangnya selalu habis.

Ada lagi yang melakukan cara aneh untuk menabung yaitu dengan membeli barang-barang secara kredit. Misalnya motor. Lalu menganggap cicilan kredit itu sebagai tabungan dan motornya adalah asset.

Ya kalau dari motor itu kemudian dipakai untuk ngojek atau mobil disewakan yang hasil sewanya bisa buat nutupin cicilan sih okelah ya bisa dibilang asset. Tapi kalau sekedar ingin punya ya eman banget kan?

Guru saya Tung Desem Waringin pernah mengatakan, justru orang-orang yang keuangannya rentan itu WAJIB punya investasi dan WAJIB belajar mengelola uangnya.

Sayangnya, mereka yang hidupnya pas-pasan malah justru yang paling malas untuk sekedar mencatat keuangannya. Lebih nyaman dengan ucapan, duit saya pas-pasan apa yg mau ditabung atau diinvestasikan?

Saya pernah dalam situasi seperti itu. Pengen sih nabung atau investasi tapi uang selalu habis di akhir bulan hehehe.. Sama?

Akhirnya saya ubah, sebelum uang dibelanjakan, maka 5% pendapatan langsung disetorkan ke dompet Pluang. Dengan biaya transfer gratis ke virtual account dan menggunakan OY! atau Flip, maka asyik aja tuh transfer-transfer kapanpun tanpa biaya.

Maklum, wiraswasta gak ada gaji bulanan, sehingga pemasukan juga tidak pasti. Kadang banyak, kadang banyak banget. Kadang sehari sekali, kadang sehari berkali-kali. Maka, tiap dapat pemasukan langsung saya transfer 10% ke Pluang sebagai investasi.

Ternyata.. kebutuhan keluarga juga baik-baik saja tuh. Memang akhirnya jajan berkurang sih. Dan akhirnya kerja juga lebih giat sebab pikiran lebih merasa aman dan tinggal fokus ke depan saja.

Maka buat sampeyan yg selama ini kok kesulitan nabung atau investasi, cobalah dulu potong di depan utk investasi. Jika dapat gaji 3 juta, langsung transfer ke Pluang 150rb. Kalau gak sanggup atau ragu ya coba 100rb dulu. Pokoknya potong depan utk investasi.

Kalau nunggu sisa, biasanya malah gak ada sisa wkwkwk.. Soalnya duit sisa biasanya akan jadi barang2 yang gak penting.

Asumsi growth 5% per tahun

Dengan rutin invest 100rb/bulan atau 1,2 juta/tahun dan growth hanya 5% per tahun aja, maka dalam 15 tahun anda akan punya asset senilai 25 juta. Lumayan banget toh?

Dan biasanya kalau udah rutin nabung di awal, jumlah yg ditabung pasti akan terus nambah seiring dengan kemampuan pengelolaan uang yg lebih baik.

Ini aplikasi yg biasa saya pakai:

  1. Investasi emas Pluang: https://lutvi.com/pluang
  2. Flip: https://lutvi.com/flip
  3. OY! Indonesia: https://lutvi.com/oy