Ide itu Mahal

Ide itu Mahal


Ide seringkali berseliweran di otak kita. Namun sayangnya ide itu hanya sekedar ide belaka sebab tidak ada tindakan untuk mewujudkannya.

Akhir-akhir ini saya justru berada pada momen gak punya ide sama sekali. Pikiran rasanya kosong, yang ada cuma pengen rebahan doang hehehe…

Kalau lagi ada ide gitu dan coba mewujudkannya, saya bisa kerja dari pagi sampai malam dengan sangat semangat. Tapi kalau lagi blank gini jadi bingung mau ngapain aja.

Makanya saya bilang ide itu mahal, maka ketika ada ide muncul dalam otak jangan sia-siakan. Segera catat dan coba breakdown menjadi beberapa bagian hingga anda bisa mengeksekusinya dengan baik.

Ketika saya dapat ide bikin suatu tool misalnya, maka saya buat dulu tulisan berupa list tool-nya nanti bisa apa aja. Lalu dari fitur-fitur itu saya mulai eksekusi dari tampilan fiturnya, prosesnya sampai hasilnya seperti apa.

Ide itu Mahal 1
Menuliskan ide akan membantu mewujudkannya

List fitur ini penting, sebab kita anda coba mengerjakan salah satu fitur, biasanya fitur lain lambat laun akan terlupa. Dengan mencatatnya anda bisa kembali melihat fitur apa saja yang ingin dibuat.

Untuk sebuah produk digital, kadang ide sederhana, eksekusinya bisa sangat rumit. Sebab yang dikerjakan bukan hanya membuat sebuah produk saja tapi juga bagaimana melakukan riset, startegi marketing sampai bagaimana support ke depan.

Jika semua hal itu hanya kita simpan di otak, maka jadinya ya puyeng. Maka langkah terbaik adalah mencatat semuanya. Mulai hasil risetnya, strategi marketing apa saja yang akan kita lakukan, termasuk bagaimana nanti sales letternya, banner promo, dll.

Dengan mencatat semuanya, maka ketika eksekusi lebih detil kita tidak akan kehilangan arah.

Ide yang di muncul memang kadang sangat sederhana, tapi untuk eksekusinya seringkali butuh banyak langkah dan step yang panjang. Selama anda punya catatan sebagai acuan, maka sepanjang dan selama apapun prosesnya anda akan selalu bisa on the track menyelesaikan ide anda sedikit demi sedikit.

So… ketika ide muncul di kepala, anggaplah itu sebagai harta karun yang sangat berharga. Saking berharganya anda harus menyimpannya dengan sangat baik. Salah satu cara terbaik menyimpan ide dan gagasan adalah dengan mencatatnya.

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.