pembentukan harga saham

Siapa yang menentukan harga saham?


Sebenarnya siapa sih yang menentukan harga saham? Apakah harga saham itu kayak permainan dadu gitu jadi suka berubah-ubah sesuka hati atau harga saham itu adalah settingan elite global yang digerakkan sesuka hatinya atau apa?

Banyak trader yang beranggapan bahwa harga suatu saham itu ada yang menggerakkan. Maksudnya ada 1-2 kelompok orang yang menjadi motor penggerak suatu saham. Sehingga ketika dia pengen naik ya sahamnya naik, ketika dia pengen turun ya turun.

Tapi benarkah demikian?

Siapa yang menentukan harga saham?

Jawabnya adalah pasar. Iya, pasarlah yang menentukan suatu harga saham. Pasar artinya orang-orang atau semua orang yang kebetulan ada di pasar saat itu. Baik mereka belinya manual atau pakai system auto.

Bahkan saya yang dananya terbatas, bisa lho menggerakkan harga pasar hehehe… Caranya mudah, tinggal cari saham yang gak ada transaksi atau transaksinya sangat kecil hari itu.

Paling gampang cari aja saham yang harganya 50 dan lihat apakah ada yang menawarkan harga lebih tinggi misalnya 53. Nah, beli deh semua mulai yg nawarin harga 51 sampai 53. Kalau cuma ada 10 offer aja tiap harga kan murah tuh.

51 x 10 x 100 = 51.000
52 x 10 x 100 = 52.000
53 x 10 x 100 = 53.000

Selesai deh, modal 150rb-an anda sudah berhasil menaikkan harga dari 50 menjadi 53 hehehe…

Nah, di pasar yang lebih besar dan lebih ramai, tentu butuh dana yang lebih besar juga agar harga bergerak. Apalagi di saham-saham yang sangat besar kapitalisasinya, makin besar pula dana yang dibutuhkan. Maka people power adalah penggeraknya.

Bagaimana menentukan harga saham?

Untuk ini biar makin jelas, ada bagusnya pakai video. Saya sertakan video dari guru saya langsung biar lebih maknyus. Hanya 16 menit kok. Selamat menyaksikan

Proses Pembentukan Harga Saham

Dengan system seperti itu, akan sulit bagi 1-2 kelompok orang untuk menggerakkan harga saham. Meski cukup memungkinkan sih, hanya saja butuh banyak effort dan tentu ada kepentingan lain yang lebih besar dari sekedar menggerakkan harga.

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.