Cara Mendapat Data Harga Saham 1

Cara Mendapat Data Harga Saham


Bagi seorang investor, data harga saham sangatlah penting. Bukan hanya data saat ini, tapi history data bertahun-tahun yang lalu bisa menjadi acuan dalam membeli saham.

Biasanya setiap sekuritas menyediakan fasilitas aplikasi online yang sudah dilengkapi dengan chart harga saham sehingga anda tinggal memasukkan indikator-indikator yang diperlukan saja ke dalamnya.

Namun, tidak semua chart yang disediakan oleh sekuritas enak buat di-navigasi dan juga biasanya garis-garis yang sudah kita tentukan malah hilang saat kita coba menengok saham yang lain.

Data Harga Saham di Investing.com

Salah satu website yang menyediakan chart data harga saham secara gratis dan bahkan bisa anda simpan hasil tarik-tarik garisnya adalah Investing.com

chart harga saham dmas
Tampilan Chart Teknikal Investing.com

Menurut saya ini web ini paling lengkap sih kalau berurusan dengan investasi. Selain chart-chart ini saham, anda bisa juga lihat chart forex dan crypto.

Untuk mendapatkan data chart ini, anda tinggal ketik saja di kolom search bagian atas kode sahamnya. Nanti akan muncul pilihan tinggal klik.

mencari data harga saham
Search data saham

Jika sudah terbuka halaman info sahamnya, anda tinggal klik technical chart. Maka chart data saham akan langsung muncul lengkap dengan berbagai menu dan fasilitasnya. Dan asyiknya semuanya gratis 🙂

chart data harga saham investing

Data yang disajikan oleh investing.com ini juga terbilang sangat lengkap ya. Untuk harga saja. Sebagai contoh TLKM yang saya screenshot di atas, itu datanya sampai tahun 2012 lho. Artinya lebih dari 10 tahun.

Menurut saya ini sangat cukuplah.

Nah, silahkan anda daftar dulu di investing.com (atau malah sudah punya? hehehe). Sebab kalau belum daftar ya gak bisa menyimpan hasil tarik-tarik garisnya.

Bisa menyimpan hasil tarikan garis ini menurut saya penting ya. Sebab kita jadi bisa tahu kapan sebaiknya kita tambah posisi terutama jika trading kita masih manual. Namun, kalau sudah serba auto ya keberadaan chart tidak diperlukan lagi sih 🙂

Saya sendiri juga sudah jarang lihat chart. Paling sesekali doang kalau mau nambah porsi saham yang kebetulan lagi diskon 🙂

Data Harga Saham di Sekuritas

Aplikasi yang dimiliki oleh Sekuritas sendiri biasanya juga cukup canggih dan lengkap fasilitasnya. Setidaknya dari 3 sekuritas yang saya pernah coba, ketiganya punya chart yang juga bisa dipakai dan tentunya bisa disimpan.

Contohnya:

  • Mirae Asset: Menurut saya ini chart-nya yang paling maknyus sih dibanding yang lain. Sudah mirip dengan investing tapi dia bisa dijejer langsung 12 saham sekaligus. Jadi, kita memantaunya juga enak banget.
  • RHB Sekuritas: Aplikasinya yaitu RHB Tradesmart punya chart sendiri sebenarnya tapi kurang lengkap dan kurang nyaman dipakai. Untungnya mereka kerjasama dengan TradingView dan sepertinya cukup premium sehingga bisa kita simpan juga hasil tarikan garisnya. Kalau yg free kan cuma bisa 1 layout doang.
  • Mandiri Sekuritas: Saya sudah lupa sih kayak gimana chart-nya. Sebab udah lama gak login dan kayaknya saya juga lupa data loginnya wkwkwk… Tapi seingat saya chart-nya juga cukup nyaman sih dipakai untuk analisa. Walau tidak selengkap Mirae sih.

Yang lain saya belum pernah coba jadi gak bisa kasih review dan pandangan sama sekali.

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.