analisa fundamental saham

Analisa Fundamental Saham


Analisa Fundamental Saham adalah analisa untuk memeriksa kualitas dan nilai suatu perusahaan berdasarkan kinerja perusahaan. Analisa perusahaan ini boleh dibilang langsung melihat kondisi rill keuangan perusahaan. Termasuk bagaimana pertumbuhan asset perusahaan, hutang-hutangnya hingga nanti dibandingkan dengan harganya saat ini.

Biasanya mereka yang mempelajari fundamental saham ingin mencari saham apa yang saat ini under value alias harganya lagi diskon. Harapannya tentu saat orang-orang sadar harganya terlalu murah, mereka juga sama-sama beli dan hargapun jadi naik.

Ada banyak ragam cara investor menentukan nilai fundamental suatu perusahaan. Ada yang melihat nilainya hanya berdasarkan penghasilan saja. Ada yang melihatnya dari beban hutang. Ada yang membandingkan perusahaan yang satu dengan yg lain dalam kategori yang sama untuk melihat yang mana yg paling menguasai pasar.

Biasanya, laporan keuangan akan terbit 3 bulan sekali. Dan setahun sekali akan ada laporan tahunan yang kadang juga disertai dengan pembagian deviden.

Jika anda termasuk tipe investor yang sangat peduli dengan kesehatan suatu perusahaan, maka analisa ini wajib anda kuasai.

Kalau saya? Berhubung saya gak terlalu paham masalah akuntasi dan keuangan, ya saya ambil yg simple aja yaitu deviden hehehe…

Saya sih gak peduli perusahaan keadaannya mau kayak gimana, berapa penghasilannya, berapa orderannya, berapa hutangnya. Pokoknya selama pembagian deviden lancar ya hold.

Tapi kalau udah mulai absen atau mulai berkurang devidennya ya maaf, saya musti ngurangi juga porsi sahamnya atau bahkan melepas total.

Yuk, diskusi di bawah, bagaimana cara anda menilai baik buruknya suatu saham. Silahkan isi komentar di bawah ya

Masukkan alamat email anda untuk mendapat update terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.