8 Langkah Mudah Berkebun di Rumah


Selama pandemi covid-19 ini ada sebuah hobby baru yang dilakukan oleh masyarakat terutama masyarakat perkotaan yaitu berkebun di rumah. Ya daripada gak ada kerjaan, mending melakukan sesuatu yang bermanfat dan tetap membuat badan sehat. Salah satunya ya berkebun.

Ada banyak metode untuk berkebun di rumah, dari yang sekedar pakai polybag, pakai hidroponik hingga yang menggabungkan dengan kolam lele atau berkebun di ember berisi lele yang dikenal dengan nama Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember).

Tentunya masing-masing metode punya kekurangan dan keunggulan masing-masing dan terserah kita mau memilih metode yang mana. Yang penting jangan sampai lupa pada tujuan semula yaitu mengisi waktu dan bersenang-senang.

Langkah-langkah berkebun dengan media tanam polybag menurut saya paling sederhana. Polybag sendiri dapat diganti dengan botol plastik bekas atau gelas air mineral.

Step by Step Berkebun di Rumah

Yang harus kita perhatikan dalam berkebun di rumah ada memilih bibit tanaman. Tidak semua tanaman cocok ditanam di dataran rendah perkotaan. Anda harus perhatikan label kemasan benihnya atau tanya ke penjualnya apakah benihnya bisa untuk dataran rendah.

Pastikan juga benih yang anda beli belum expired karena pengalaman saya beli di online shop ternyata benihnya sudah expired sehingga ketika ditanam tidak juga tumbuh. Kalau bisa, dapatkan benih yang masih 1 tahun lagi expired-nya.

Pelajari waktu sprout dan jarak tanam. Waktu sprout adalah waktu ketika anda menyemai benih hingga muncul akar pertama kali. Beda jenis tanaman, beda waktu sproutnya. Contohnya kangkung, sprout-nya biasanya 1 hari bahkan untuk benih-benih yang bagus bisa cuma 12 jam saja.

Kalau sudah tahu waktu sprout-nya anda bisa rendam benih selama 1-2 jam atau lebih dari itu jika waktu sprout memang lama. Contohnya Terong itu sprout sekitar 3 hari, maka merendamnya bisa 5-8 jam.

Setelah direndam, tebarkan benih ke media tanam yang telah dibasahi lalu tutup dengan plastik hitam dan letakkan di tempat yang gelap. Penutupan ini diperlukan untuk merangsang benih agar cepat sprout dan untuk menjaga kelembaban media tanam.

Kira-kira benih sudah sprout barulah anda buka dan kenalkan dengan sinar matahari. Itulah kenapa anda harus tahu berapa lama benih akan sprout. Bisa juga sih anda intip dulu sebelum benar-benar di buka. Namun jangan terlalu sering.

Waktu memindah dari gelap ke terang ini sangat penting. Tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu lambat juga. Kalau terlalu lambat, benih bisa tumbuh tinggi dan kurang bagus. Kalau terlalu cepat membuka, benihnya jadi makin lama sprout-nya.

Saat mengenalkan dengan sinar matahari, jangan langsung kena matahari, cukup di teras atau di bawah pohon yang terang tapi tidak panas.

berkebun di rumah
Berkebun di rumah tanaman kangkung umur 2 HST

Untuk tanaman yg butuh jarak tanam seperti sawi, selada, pakcoy maka anda harus memindahkan jarak tanamnya minimal 20 cm antar tanaman.

Jika berkebun di rumah yang sempit, saya sarankan tanam sayuran yg rimbun saja seperti kangkung dan bayam.

Manfaat Berkebun di Rumah

Berkebun di rumah selain merupakan kegiatan positif selama pandemi juga memberikan manfaat lain.

Pertama akan membuat anda paham dan mampu menyukuri setiap makanan yang kita makan. Karena kita jadi ikut merasakan bagaimana para petani berusaha menjadi tanaman tetap hidup hingga panen. Bagaimana hujan begitu diharapkan dan betapa matahari yang cerah juga sangat membawa keberkahan.

Kita yang hidup di kota lebih banyak mengeluhnya daripada syukur. Saat hujan ngomel kok hujan, saat cerah ya ngomel karena kepanasan. Sementara para petani ketika hujan bersyukur karena kebunnya mendapatkan air dan saat cerah juga bersyukur karena tanaman mendapatkan cahaya yang cukup untuk berfotosintesis.

langkah berkebun di rumah

Berkebun di rumah juga dapat menjadi sarana olah raga yang murah meriah. Mengangkuti air dari kamar mandi untuk menyiram tanaman. Mencangkul tanah untuk dipersiapkan sebagai lahan. Dan tentunya sambil berjemur yang membuat tubuh jadi sehat dan bugar.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa mereka yang merawat tanaman akan terhindar dari kepikunan. Makanya mereka yang akan purna jabatan, sangat disarankan untuk berkebun baik kebun sayuran atau kebuh bunga.

Dan sudah menjadi pengetahuan bersama jika tanaman sangat bermanfat dalam pemenuhan kebutuhan oksigen di udara terutama di wilayah perkotaan. Walaupun anda tidak punya lahan berhektar-hektar, tapi dengan menanam kangkung di beberapa polybag, akan memiliki andil dalam memberikan oksigen kepada udara.

Berkebun juga akan menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak agar mereka tahu darimana makanan mereka berasal. Karena kita tak pernah tahu seperti apa kondisi masa depan, maka penting menanamkan hal dasar pada anak-anak salah satunya adalah berkebun di rumah.