SEO Fast Start

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya mengoptimalkan website kita agar mampu menempati posisi teratas di Search Engine. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana rumusan pengurutan posisi di Search Engine kecuali pengelola search engine itu sendiri.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan agar website anda optimal dan mampu meraih posisi puncak. Untuk detilnya bisa anda temukan di internet. Jangan manja dan mau semua tersedia, karena jika anda melakukan itu, maka sehebat apapun teknik SEO yang saya berikan hasilnya akan nol.

1. Jangan Pernah Mendaftar di Search Engine

Lho? Trus bagaimana kita bisa terindex kalau kita tidak pernah memberitahu search engine posisi kita? Nanti akan saya jelaskan dibawah. Sekarang telan dulu. 🙂

2. Pilih themes yang SEO Friendly

Themes yang SEO Friendly adalah themes yang memiliki tag <h1>, <h2> dan <h3>. Mencari themes seperti ini agak sulit, jadi anda harus membuat sendiri

3. Meng-SEO-kan Themes

Kalau tidak dapat, maka inilah yang harus anda lakukan. Gunakan tag <h1> untuk memunculkan judul artikel. Gunakan tag <h2> untuk memunculkan tulisan komentar pada. Gunakan tag <h3> di judul-judul sidebar atau masukkan judul artikel di sidebar dengan memakai <h3>.

Pasang juga judul artikel di bagian footer sebelum tag </html> atau </div>. Ganti tag <h1> pada judul blog dengan <p> saja. Jika anda paham PHP, anda bisa menggunakan fungsi if, jadi kalau di halaman depan, menggunakan <h1>, kalau di halaman artikel menggunakan <p>

Atur CSS-nya agar tampilannya sempurna. Ingat, setelah anda mengganti tag, tampilan akan sedikit berantakan.

4. Meng-SEO-kan artikel

Selanjutnya saat menulis artikel, pastikan ada komponen-komponen ini. Gambar yang diberi nama sesuai kata kunci dan menggunakan alt yang mengandung kata kunci. Ada kata kunci di dalam artikel yang ditebalkan, tapi jangan terlalu banyak. Tidak setiap kata kunci ditebalkan. Ini agar pembaca nyaman membaca.

5. Gunakan plugin SEO

Saya merekomendasikan All in One SEO Pack dan Search Term Tagging serta WP Nav Bar.

6. Perbanyak Backlink

Tanam backlink secara wajar. 5-8 backlink per hari. Lebih dari itu namanya overdosis dan membahayakan website anda. Backlink bisa didapat di forum-forum yang menggunakan SMF, dofollow blog dan blog yang memakai plugin intensedebate.

Backlink bisa juga diartikan sebagai rekomendasi. Jika A ngasih link ke B, maka bisa dianggap A merekomendasikan B. Karena itulah, anda tidak perlu lagi mendaftar di search engine. Kenapa? Dengan banyak backlink berarti banyak yang memberi rekomendasi. Jadi, tanpa ragu lagi, search engine akan mengambil rekomendasi itu.

Nah, itu diantara dasar-dasar SEO. Secara detil insya Allah akan saya sampaikan di ebook Journey Report Menuju #1 Google di Kontes SEO