Ramadhan Day #3 – Fluktuasi Iman

Iman itu terdiri 4 jenis. Iman yang stabil yg tak pernah naik atau turun. Iman spt ini dimiliki oleh Malaikat. Yang kedua, iman yg selalu naik. Iman spt ini dimiliki oleh para nabi dan Rasul. Sedangkan ketiga, iman yg cenderung turun. Iman spt ini dimiliki oleh syetan dan bala tentaranya. Terakhir, iman yg kadang naik dan kadang turun (fluktuatif). Inilah iman manusia spt kita.

Ramadhan adalah momen yg sangat penting untuk meningkatkan fluktuasi keimanan kita. Jika menjelang Ramadhan iman kita di level 40 misalnya, maka dlm sebulan ini kita upayakan utk naik setinggi mungkin hingga level 80 misalnya.

Kenapa? Karena biasanya, keimanan kita cenderung merosot pasca Ramadhan. Bahkan byk yg kemudian meninggalkan jamaah sholat pada tanggal 1 Syawal. Hanya sehari saja Ramadhan hilang dan BAMMM!! Imanpun anjlok.

Tp itu bisa dimaklumi, mengingat selama Ramadhan, syetan benar2 terpenjara. Maka begitu datang 1 syawal syetanpun kirim kekuatan yg dia tahan selama sebulan. Dihabiskan di 1 syawal.

Jadilah 1 syawal sbg hari masjid sepi, hari perut kenyang dan hari sentuhan lelaki perempuan. Hebatnya lagi syetan membungkusnya dg begitu apik. Sehingga siapa yg ke masjid hari itu padahal ada tamu di rumah, siapa yg enggan makan jamuan yg disuguhkan dan siapa yg tak mau sentuhan tangan, akan dianggap tidak sopan. Hebat kan?

Yuk, mumpung masih awal Ramadhan nih, kita kumpuliin byk2 pahala dan kebaikan. Krn kita tak tahu stlh Ramadhan nnt apa bisa kita tahan dr godaan syetan. 11 bln adalah waktu lama dan saat itu nyawa kita bisa saja dicabut Allah SWT. Jangan sampee ibadah kita Ramadhan ini gak cukup utk nutupin maksiat yg susah kita tinggalkan krn udah jadi “budaya”.

Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa2 kita baik yang dulu, sekarang maupun yg akan datang. Baik itu dosa kita, istri dan anak2 kita atau saudara2 kita yg lain. Aamiin

Published by

Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia

One thought on “Ramadhan Day #3 – Fluktuasi Iman”

  1. Semoga tak hanya bulan ramadhan tingkat keimanan kita dikala hari2 biasa pun juga akan tetap stabil. Insya Allah kita bisa melakukannya..

Comments are closed.