Perlukah Pebisnis Online Belajar Web Programming?

Belajar Membuat webWeb programming adalah sebuah ilmu yang khusus mempelajari tentang pemrograman web. Ada banyak jenis pemrograman, mulai pemrograman hardware, robot, aplikasi sampai web. Nah, karena pebisnis online biasanya cuma ngurusi web programming, maka kira-kira perlu nggak ya seorang pebisnis online untuk belajar soal web programming?

Jika pertanyaan ini ditanyakan pada masa awal-awal saya belajar internet dulu, mungkin 90% akan menjawab YA, sisanya akan menjawab TIDAK karena mereka punya anak buah yang bertugas untuk membuatkan web. Tapi di masa sekarang ini, dimana membuat sebuah web secanggih WordPress hanya cukup klik dan isi formulir, maka apakah masih perlu untuk belajar hal-hal yang bikin rambut makin keriting itu?

Di jaman sekarang ini, seorang yang baru kenal internet-pun bisa membuat sebuah blog dengan design yang maknyus dalam waktu kurang dari 1 jam saja hehehe… Sehingga sekarang pembuatan web sudah bukanlah perkara sulit lagi. Tinggal login cpanel, masuk fantastico, isi formulirnya dan sim salabim jadi deh blognya. Lihat kan? Bahkan dengan 1 paragraf tulisanpun saya bisa jelaskan cara menginstall WordPress.

Nah, trus buat apa coba seseorang belajar web programming?

Karena itulah jika pertanyaan tersebut ditanyakan sekarang, maka jawabnya mungkin 10% bilang YA dan 90% bilang TIDAK PERLU.

Tapi apakah benar-benar tidak perlu untuk belajar web programming? Kalau saya ditanya demikian, saya akan jawab jika anda punya seseorang yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah anda dan cukup uang untuk itu, maka silahkan fokus pada bagaimana web itu menghasilkan uang.

Namun jika anda termasuk orang yang pas-pasan dan tak punya seseorang yang siap mengurusi web anda, maka sebaiknya anda mulai belajar walaupun dasar-dasarnya saja.

Web programming kan ada tingkatan-tingkatannya. Jangan sampai anda nggak tahu bagaimana menampilkan banner di sidebar. Jangan sampai mengubah kata-kata dalam form opt-in aja anda tidak bisa. Jadi, untuk dasar-dasar HTML, paling ndak ada tahulah bagaimana fungsi masing-masing perintah tersebut. Tahu bagaimana meletakkan gambar, bagaimana mengedit kata-kata di form, dsb.

Masak sih anda mau bayar orang hanya untuk mengubah tulisan “Please Enter your Email” dengan tulisan “Silahkan masukkan email anda” gara-gara takut form-nya jadi error. Nah, sedikit-sedikit luangkan waktu untuk melihat kode-kode HTML itu dengan lebih dekat. Dan ilmu ini sangat besar manfaatnya untuk menganalisa kekurangan lawan-lawan anda dalam SEO lho.. hehehe…

14 thoughts on “Perlukah Pebisnis Online Belajar Web Programming?

  1. klo sya bljar jga Mas, tpi gak expert,.. yg pnting bisa analisa dn prbaiki keslahan coding sja.. klo yg expert trz udh bngung ya saya tnya ke Mas Lutvi aja heheh :D

  2. hahaha… aku termasuk yg ga terlalu tahu mendalam soal web programming mas.
    Cuma sebatas tau bikin blog wordpress via fantastisco c-panel dan html basic doang. :p
    Selebihnya tak serahin sama yang lebih ahli :D

  3. Kalau aku yang masih anak sma ini, bakalan menjawab iya mas..
    Soalnya prospek dunia programming ini sangat cerah walaupun harus berurusan ama syntax dan fungsinya yang banyak.

    Saya sekarang lagi belajar bahasa php mas.
    tapi saat berhubungan dengan MYSQL, otak saya buntu mas.
    Ada pencerahan?

  4. Yup, betul mas…
    Belajar dasar2nya memang perlu… supaya bisa edit2 file single.php buat taruh banner, adsense atau kode lainnya.. berguna jg bwt ganti2 warna di wp theme supaya sesuai sama selera kita :D

  5. Saya udah belajar dasar2x mas, kontrol struktur(percabangan, looping, teknik modulasi), terus form dan array, dan session n referensi. . .
    Tapi saat mau belajar MYSQL API, otak saya eror mas. . .
    Ada referensi tentang MYSQL API gak mas?

  6. setuju mas.
    meskipun blog sudah gampang banget bikinnya tapi untuk jangka panjang belajar kode2 aneh ini juga sangat diperlukan.
    paling tidak bisa lebih yakin klo mau otak atik kode2 di blog biar lebih seo frendly blognya.

  7. Okey mas. . .
    Do’a kan saya supaya bisa menguasai MYSQL ya mas,,
    serta dapat membuat software web,
    minimal plug in sederhana wordpress deh. . .

  8. belajar otodidiak dasar-dasar html memang menyenangkan jika dilakukan secara berulang-ulang,, tapi sekarang sudah banyak tool sperti plugin,, tinggal instal,, langsung deh di setup..
    tapi belajar dasar2nya memang perlu ya mas,
    eh, salah bukan perlu tapi butuh, ^^

  9. saya belajar dasar-dasar html, dari MS. Front Page 2003. Sayangnya sekrang MS sudah tidak melanjutkan MS FP di versi office 2007 dan 2010. Ada yang tau alasannya??

  10. ya, belajaritu memang perlu, terutama yang bisa menjawab kebutuhan praktis. jadi ya belajar seperlunya saja. biar nggak mendadak keriting …

    salam :)

Comments are closed.