Penghasilan Nambah 10x dalam 3 Tahun

Sebelumnya saya mohon maaf jika artikel kali ini kesannya pamer. Untuk itu saya coba untuk tidak menyebutkan angka pastinya. Jadi saya cuma akan sampaikan peningkatannya saja. Saya juga mohon perlindungan kepada Allah dari riya’ dan sum’ah gara-gara artikel ini. Demi Allah ini cuma sekedar share tentang apa sebenarnya yang menurut saya menjadi faktor penting dalam kesuksesan kita.

Biasanya saya cuma memberikan analogi-analogi saja. Tapi rasanya kok kurang greng kalau ndak ada contoh nyatanya. Namun saya juga mohon dengan sangat agar tidak terlalu berlebihan membayangkan penghasilan saya.. hehehe.. Kebanyaknya sih tebakannya kelebihan soalnya hehehe…

Dibanding manajer bank atau leader MLM dan Asuransi mungkin penghasilan saya saat ini tergolong dibawah mereka. Nah, itu aja buat patokan. Tapi dulu 3 tahun yang lalu saat saya mengawali bisnis online, penghasilan saya tak lebih besar dari penghasilan istri saya yang guru TK.. hehehe..

Bagaimana bisa naik sampai 10 kali lipat gitu?

Saya sendiri ragu, apakah 10x itu termasuk tinggi atau tidak. Kalau anda menganggapnya tinggi ya syukur kalau termasuk biasa ya gpp. Tapi bagi saya bisa memperoleh peningkatan sebesar itu memang sudah luar biasa. Maklumlah, saya juga cuma gini-gini aja kerjanya.

Akhir-akhir ini saya dan istri mengalami beberapa peristiwa yang cukup mengguncang perekonomian keluarga kami. Lalu saya dan istri coba muhasabah, apa ya yang udah kami lakukan kok sampai dapat ujian seperti ini. Tapi muhasabah itu bukannya dapat kesalahan, tapi justru kesyukuran yang luar biasa. Seperti kata pepatah, rubahlah pertanyaannya maka akan ketemu masalahnya.

Alih-alih fokus ke masalah keuangan, kami justru membicarakan benarkah ini sebuah masalah? Kami lalu mengingat kembali berapa penghasilan saya 3 tahun lalu dan berapa sekarang. Subhanallah ternyata meningkat drastis. Angka sebenarnya sih bukan 10x tapi lebih dari 10 walau tak sampai 15 hehehe..

Saya tak tahu pasti mana yang lebih dominan dalam menghasilkan kesuksesan ini. Tapi inilah hasil kesimpulan kami:

  1. Mimpi Besar
    Jika ada yang bilang kami orang gila, maka jangan disalahkan. Karena kami memang sering mengeluarkan ide-ide gila dan bagi sebagian orang mungkin bisa dibilang nekat. Dulu saya pernah bilang sama istri, nanti saya bisa ngalahin gaji anda. Dan alhamdulillah dapat. Lalu saya bilang, nanti saya akan kalahin gaji bos saya dulu (waktu itu beliau mengatakan berapa hasilnya dari bisnis online). Alhamdulillah berhasil juga.
    Dan yang paling fenomenal adalah saat saya bilang ke istri nanti kalau anak kita lahir saya akan antar pake mobil yang saya sopir sendiri malam-malam. Padahal waktu saya bilang itu, umur kandungan sudah 8 bulan dan saya belum punya mobil bahkan saya nggak bisa nyetir ditambah saya punya trauma nyetir mobil gara-gara pernah nabrak waktu belajar dulu.
  2. Percayakan pada Allah
    Setelah dapat, anda tinggal meminta dan percaya penuh permintaan anda akan dikabulkan. Ini yang menurut saya paling sulit. Apalagi kalau sudah kepepet waktu. Makin sulit lagi kalau ada alternatif lain. Maka ketika anak kedua kami mau lahir, kami tanya ke bidan berapa biaya persalinan. Dan alhamdulillah uang kami waktu itu cukup untuk operasi caesar sekalipun di rumah sakit yang nyaman. Tapi ndak, kami takut kalau kami justru dianggap siap oleh Allah untuk keadaan darurat. Maka uang itu kami infaq-kan seluruhnya hingga hanya tersisa untuk pembayaran bidan saja. Kami benar-benar tak punya uang lagi dan tabungan sudah terkuras semua (gak boleh ada alternatif)
    Dan lha kok pagi itu ada yang beli paket bisnis cbwebspace sehingga ada kelebihan dana 400ribu. Beneran aja, istri mengalami kesulitan melahirkan dan harus diinfus. Totalnya pas banget uang yang kami keluarkan + 400ribu yang saya dapat pagi itu. wkwkwkwk…. Dini hari masuk bidan, siang udah pulang dan gak sampai sepekan jahitannya udah sembuh total. Alhamdulillah…. Percaya aja deh sama Allah, pasti beres.
  3. Sabar dan syukur bersamaan
    Ini juga sulit menurut saya. Biasanya jomplang ke salah satu saja. Dalam tiap doa itu hendaknya kita bawa keduanya. Kita syukuri apa yang sudah diberi Allah lalu kita minta dengan sabar kepada-Nya. Rasa ini harus disatukan. Nanti akan ada sensasi luar biasa. Kalau pas lagi mepet gitu bisa sampai nangis. Ada rasa malu, rasa takut yang aneh. Takut disangka rakus tapi juga takut kalau ndak dapat apa yang diinginkan. Maaf, yang ini saya sulit mengatakannya. Ya pokoknya berusahalah menyertakan keduanya.
  4. Sedekah gila-gilaan
    Yang ini mungkin udah sering disampaikan ya. Tapi jujur saya belum segila itu hehehe… Masih ada rasa takut kekurangan uang, padahal udah berkali-kali Allah buktikan kepada kami uang itu nggak pernah berkurang. tapi ya gitu deh, namanya Iman cuma segini-gininya jadi sedekah ya segini-gininya juga. Khusus yang ini, saya cuma sedekah sedikit gila aja. Mungkin karena itu juga ya peningkatannya juga ndak gila-gilaan hehehe…
  5. Jangan Mudah Curiga
    Yang ini agaknya bukan saran yang baik. Tapi karena ini cerita pengalaman jadi ya gpp dong kalau saya sampaikan. Yah, saya mungkin bukan termasuk orang yang hati-hati. Mudah sekali percaya pada orang lain. Dalam jual beli paypal misalnya, saya ndak terlalu mensyaratkan macam-macam. Asal harga cocok ya udah ambil. Kecuali kalau dia benar-benar punya catatan buruk lho. Kalau yang seperti itu sih harus dihindari. Bahkan saat ada SMS dari calon member cafebisnis yang minta aktifasi, saya seringkali langsung memforward ke mas Agus biar diaktifkan padahal belum sempat cek hehehe…
    Saya punya prinsip gini, kalau kita ndak pernah nipu orang, maka insya Allah orang lain tidak akan menipu kita. Kalau ada yang pernah jadi korban penipuan, coba muhasabah lagi, barangkali ada harta ente yang hasil nipu. Atau minimal didapat dengan sedikit kecurangan atau kalau istilah dewan syariah Wilayah Abu-abu. Nah, abu-abu ini kalau numpuk, jadinya kan hitem juga. Maka dibersihkan deh sama Allah lewat jalan penipu itu.
  6. Berbakti pada Orang Tua
    Ini khusus buat yang cowok. Ibu ente gan adalah kunci besar sukses ente. Ente bisa lupain semua yang diatas, tapi jangan yang ini. Sebenci apapun orang tua sama ente, ente tetap harus sayang dan berbakti. Jangan pernah lupa sekali saja berdoa tanpa mendoakan orang tua. Kalau perlu jika kepepet waktu, doain aja orang tua, urusan ente biar diurus Allah.

Itulah barangkali sedikit sharing bagaimana biar penghasilan meningkat dengan cepat. Mudah diucapkan tapi sulit dijalankan. Tapi sulit bukan berarti tidak bisa kan? Moga Allah memudahkan kita semua untuk menjalaninya