Belajar Santai

Seperti apa gaya belajar anda? Santai, serius, serius tapi santai atau santai tapi serius. Kalau saya pribadi lebih suka suasana belajar yang santai. Mungkin karena itu juga saya gak kuliah.. hehehe.. Saya cuma ingin belajar apa yang saya mau dan saya cuma mau belajar dengan santai tanpa terbebani target2 apalagi cuma target ijazah.

Menurut saya, belajar itu kebutuhan, bukan kewajiban. Jadi salah besar kalau kita menyuruh seseorang apalagi anak untuk belajar.. belajar dan belajaar terus. Akibatnya, sesuatu yang menjadi kebutuhan seolah-olah berubah menjadi kewajiban.

Seperti halnya kebutuhan membaca balita, dengan membuat suasana belajar seolah-olah medan permainan, maka anak akan merasa bahwa belajar adalah perbuatan yang menyenangkan dan bahkan menjadi ketagihan. Karena dia melihat dan merasakan bahwa saat proses belajar, dia bisa bersenang-senang dengan orang tuanya sementara ketika bermain, dia hanya sendirian.

Ini juga terjadi pada anak saya yang baru saja terima rapot. Kalau anda tahu bagaimana proses belajarnya, wah gak nyangka deh dia bakalan berhasil. Lha wong waktunya ujian masih sibuk dengan farm town dan traviannya. Tapi memang ada waktu belajar yang cuma kurang dari 1 jam itu.

Akhirnya waktu sempit itu saya buat aja seolah-olah pertandingan kuis. Dia kan paling gak mau kalah sama saya, kalau sama bundanya sih gampang udah sering dia kalahkan. Jadi terlalu gampang buatnya. Makanya dia pengennya bertanding dengan saya.

Maka, bundanya yang jadi pembawa acara sekaligus pembaca kuis. Satu demi satu pertanyaan berhasil dia jawab. Saya juga gak tinggal diam dong. Walaupun sengaja mengalah, tapi saya gak mau membuatnya terlalu mudah. Inilah enaknya kalau sama2 suka main game, jadi saya tahu betul game seperti apa yang menarik itu.

Alhasil nilai rapotnya diatas rata2 tuh. Jadi, jika anak anda males belajar, jangan buru2 menyalahkan mereka. Siapa tahu anda yang belum bisa membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Saat bergaul dengan anak-anak, maka jadilah anak-anak. Penghasilan anda gak berkurang sedikitpun kok kalau anda jadi anak-anak saat bermain bersama mereka.

Dahsyatnya Rasa Syukur

Banyak yang bilang hidup ini berat, penuh rintangan dan hambatan. Krisis disana-sini, harga2 mahal dan berbagai keluhan lainnya. Tapi menurut saya hidup itu ringan, lancar dan mudah. Peluang disana-sini, harga2 murah dan berbagai rasa syukur lainnya.

Pada dasarnya semua yang terjadi disekeliling kita itu netral. Tinggal kita aja yang memandangnya seperti apa. Jika kita melihat sisi negatifnya, maka sebagus apapun hal itu akan menjadi negatif dan bencana. Tapi jika kita melihatnya dari sisi positif, maka sejelek apapun itu, akan menjadi positif dan anugerah.

Kemampuan melihat sisi positif ini disebut bersyukur. ya, kita sering mendengarnya tapi jarang ada yang bisa melaksanakannya. Rasa syukur bukan cuma di lisan. Bukan cuma dengan sedekah, tapi juga cara pandang kita. Bila kita memandang sesuatu dari sisi positifnya, maka bisa dipastikan dada kita akan dipenuhi dengan kesyukuran.

Mas, bagaimana mungkin suatu peristiwa yang jelas2 merupakan bencana, bisa dianggap hal yang positif?

Biasanya para ulama akan mengatakan, boleh jadi bencana ini adalah penghapusan dosa kita, atau kita harus tetap khusnudzon (baik sangka) terhadap Allah, pasti Allah meletakkan hikmahnya di peristiwa tersebut.

Padahal nilai positif itu tak perlu kita tunggu. Saat terjadi bencana itupun, kita sebenarnya mendapatkan anugerah. Bencana alam misalnya, boleh jadi harta kita hilang begitu saja, tapi biasanya kita bisa menemukan peluang-peluang lain. Saat terjadi bencana, semua harus memulai dari nol, ini kesempatan untuk mengejar ketertinggalan.

Ibarat perlombaan, bencana membuat semua orang start dari nol. Yang tertinggal, ini adalah kesempatan anda untuk mengejar ketertinggalan.

Nah, coba anda perhatikan kehidupan sendiri, cari hal-hal yang bisa disyukuri. Apapun itu, pasti ada. Karena ingat, semua peristiwa itu netral, kitalah yang menentukan peristiwa itu positif atau negatif

The Power of Dream

Diakui atau tidak, anda bisa jadi seperti sekarang semua karena mimpi anda dimasa lalu. Saya pun menjadi seperti ini juga karena impian yang selalu saya jaga sejak dahulu. Jika saat ini tengah gencar ajakan untuk STOP DREAMING, maka terus terang saya tidak setuju dengan itu.

Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang punya impian dan benar2 menjaga impian itu akhirnya mencapai apa yang dia impikan. Bahkan seolah-olah dia selalu berada di waktu dan tempat yang tepat. Orang-orang tua jaman dahulu yang ingin sekali naik haji biasanya menempel gambar ka’bah di rumahnya. Silaturahmi ke orang-orang yang sudah menunaikan ibadah haji hanya sekedar mendengarkan cerita dan meminta doa.

Dan terbukti, bagaimana negara yang katanya miskin ini mampu memberangkatkan jamaah haji jutaan orang per tahun. Bahkan masih harus antri hingga 5 tahun mendatang. Itupun setelah melalui proses seleksi kesehatan dan larangan haji lebih dari 1 kali.

Jika anda bergabung dengan bisnis online apapun, anda akan diminta untuk menentukan impian anda. Karena impian akan menentukan seberapa keras usaha yang akan anda lakukan.

Kekuatan impian bagi banyak orang mungkin sepele. Mana bisa kita dapat sesuatu hanya dengan bermimpi.

Jika anda tidak melakukan sesuatu untuk menggapai apa yang anda impikan, maka bisa dipastikan itu bukanlah impian anda. Justru ketika anda punya impian, anda akan melakukan berbagai macam upaya untuk menggapainya.

Jika anak anda sakit keras dan butuh 100 juta sesegera mungkin, kira2 apa yang anda lakukan?

Pasti anda akan berusaha sekeras apapun. Kalau perlu jual rumah, jual kendaraan yang penting anak anda sembuh. Karena dia adalah impian anda. Dia adalah harapan anda. Apakah jika impian itu hilang begitu saja anda rela? Tentu tidak kan? Maka itulah yang disebut impian.

Sementara jika anda ingin mobil super mewah dengan harga 2 Milyar. Lalu ternyata anda bilang,”Wah mahal banget. Bagus sih, tapi mahal. Cari yang murah aja deh”. Maka mobil mewah bukanlah impian anda. Itu hanya sebatas keinginan saja. Dan biasanya kita terjebak oleh keinginan-keinginan semu sehingga tidak fokus pada apa yang benar-benar kita impikan.

Mimpi biasanya terkait dengan emosi. Mimpi bisa anda rasakan kehadirannya. Saat anda bermimpi memiliki seorang anak, anda begitu mendambakan kedatangannya. Anda periksa ke berbagai dokter. Anda siap keluar uang berapapun asal anda bisa punya anak.

Saat anda bermimpi ingin membahagiakan istri dan anak, maka anda akan lakukan apapun agar mereka bahagia. Anda bekerja keras agar dapat memberi makan, pakai dan tempat tinggal bagi keluarga. Anda juga siap lembur agar bisa mengajak keluarga berlibur ke tempat2 wisata.

Anda lihat, kekuatan mimpi sangat besar untuk menggerakkan seseorang. Lihatlah orang2 yang kehilangan impiannya. Mereka yang di PHK, para caleg yang tidak terpilih, seseorang yang diputus pacarnya. Biasanya mereka akan terkulai lemah tanpa daya.

Padahal sama saja kan antara sebelum kerja dan sesudah PHK? Sama-sama gak kerja. Kenapa dulu begitu semangat mencari kerjaan dan sekarang jadi lemas? Karena impiannya berhenti, impiannya lenyap

Padahal sama saja antara belum jadi caleg dan tidak jadi anggota. Sama-sama bukan anggota dewan, tapi karena impian menjadi anggota dewan kandas, hilanglah gairah.

Begitu juga sebelum punya pacar dan sesudah diputus pacar. Sama-sama tidak punya pacar. Tapi aneh, saat impian lenyap, semangat juga ikut lenyap.

Maka camkan ini dalam dada anda: KEEP DREAMING KEEP ACTING!


Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1430H

Bulan Ramadhan makin dekat menghampiri kita. Persiapan perlu segera dilakukan. Salah satunya adalah menyiapkan semua jadwal agar tidak bertabrakan dengan jadwal ibadah kita. Jangan sampai di bulan yang penuh pahala dan manfaat ini kita menyia-nyiakan waktu hanya gara2 salah mengelola waktu.

Untunglah, ada saudara kita yang dengan senang hati berbagijadwal imsakiyah Ramadhan 1430H untuk berbagai kota di Nusantara. Anda bisa mengambil jadwal imsakiyah Ramadhan di blognya secara gratis. Jadwal dalam bentuk PDF dan bisa anda print serta anda tempelkan di tempat yang mudah terlihat.

Jadwal Imsakiyah juga cukup powerful ketika anda butuh pengelolaan waktu atau janji. Kalau perlu masukkan jadwal tersebut ke agenda anda sebelum jadwal-jadwal yang lain. Dengan demikian, anda bisa mengontrol penuh kapan ketemu klien, kapan meeting dan kapan ibadah.

Bila anda kesulitan mencari tempat downloadnya, maka saya sertakan linknya dibawah ini:

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1430H

SUMATERA

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_NAD

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Medan

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Padang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Jambi

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Pekanbaru

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bengkulu

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Palembang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bandar_Lampung

Jadwal_Imsakiyah Ramadhan_1430_pakarfisika_Bangka_Tengah

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Pangkal_Pinang

JAWA BARAT / DKI

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Jakarta

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bogor

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Cirebon

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Ciamis

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Banten

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Tangerang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bandung

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kuningan

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Majalengka

JAWA TENGAH

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Salatiga

Jadwal_Imsakiyah Ramadhan_1430_pakarfisika_Surakarta

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Semarang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Rembang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kebumen

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Purbalingga

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Banyumas

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Brebes

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Tegal

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Demak

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kudus

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Jepara

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Blora

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Klaten

DIY

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bantul

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kodya_Yogyakarta

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Sleman

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Wates_Kulonprogo

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Wonosari

JAWA TIMUR

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Surabaya

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Pasuruan

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Malang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Madiun

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Lamongan

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kediri

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Gresik

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Mojokerto

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Sidoarjo

MADURA

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Sumenep

BALI

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Denpasar

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Singaraja

NTB

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Mataram

NTT

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kupang

KALIMANTAN

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Pontianak

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Palangkaraya

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Banjarmasin

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Balikpapan

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Bontang

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Samarinda

SULAWESI

Jadwal_Imsakiyah_1430_pakarfisika_Makassar

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Mamuju

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Manado

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Palu

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Palopo

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Poso

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Kendari

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Gorontalo

MALUKU

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Ternate

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Ambon

PAPUA

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Sorong

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Manokwari

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Jayapura

Jadwal_Imsakiyah_Ramadhan_1430_pakarfisika_Merauke

Untuk kota-kota yang lain, anda bisa memintanya langsung melalui blog beliau. Mudah-mudahan amal beliau ini dicatat oleh Allah SWT.

Ramadhan

Rasanya tidak perlu dijelaskan lagi apa itu Ramadhan. Dan insya Allah semua orang tahu kalau Ramadhan itu nama bulan.. hehehe.. Gak penting banget nih artikel. Nah, mumpung Ramadhan mendatang masih 26 hari lagi maka di artikel ini saya akan coba berikan sedikit tips menyambut Ramadhan agar lebih sukses. Mudah-mudahan bermanfaat dan ketika Ramadhan datang nanti kita bisa jauh lebih siap baik dari sisi fisik maupun mental.

So, apa aja yang perlu disiapkan menyambut bulan suci Ramadhan nanti?

1. Berdo’a

Yup, sudah jadi sunnah Rasul dan para sahabat ketika bulan Rajab datang, mereka berdo’a. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani). Kita juga perlu berdo’a agar mendapatkan kekuatan untuk beribadah dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

2. Gembira Menyambut Ramadhan

Bayangkan bila Presiden terpilih nanti datang ke rumah anda setelah pelantikan nanti. Apa yang akan anda lakukan? Pasti anda akan mempersiapkan segalanya untuk menyambut sang Presiden. Nah, bulan Ramadhan ini harusnya kita sambut lebih meriah daripada kedatangan sang Presiden. Bahkan di beberapa rumah ikhwah mereka sudah memasang tulisan-tulisan seakan-akan tamu besar sudah mau datang. Sangat meriah.

3. Rancang Agenda Ibadah

Banyak ibadah bisa kita lakukan ketika Ramadhan. Tapi tidak banyak waktu yang kita punya untuk menyelesaikan semuanya. Anda harus mampu membagi waktu. Anda perlu mengatur prioritas. Terlalu forsir energi untuk ibadah sehingga melupakan istirahat juga bukan solusi yang bijaksana. Aturlah mulai sekarang, mumpung masih 3 minggu lagi Ramadhan datang.

4. Belajar

Karena puasa ramadhan ini aktifitas setahun sekali, seringkali kita lupa sunnah-sunnah dan hukum-hukum puasa Ramadhan. Maka, mari mulai belajar lagi soal ramadhan. Insya Allah saya akan coba mencarikan tempat-tempat belajar soal Ramadhan yang bisa dijadikan rujukan. Untuk sementara ini, Mr. Google siap membantu anda. Kalau untuk masalah-masalah syariah seputar Ramadhan. Anda bisa langsung ke syariahonline.com.

5. Jaga Kesehatan

Gak mau kan pas puasa nanti sakit. Duuh.. naudzubillah deh. Jadi, mulailah menjaga kesehatan mulai sekarang. Jaga makanan yang masuk tubuh kita. Untuk sementara tahan dulu keinginan memakan makanan-makanan yang berpotensi membawa penyakit. Olah raga juga harus dilakukan lebih sering. Gunakan waktu luang untuk sekedar jalan-jalan keliling kampung menyapa tetangga. Silaturahmi jalan, badanpun sehat.

6. Minta Maaf

Masuk Ramadhan musti dengan jiwa yang bersih. Maka yuk kita saling bermaafan. Jadi, minta maaf itu justru sebelum puasa, bukannya sesudah puasa. Kalau hati dan jiwa bersih, kita pun akan mampu menjalankan ibadah puasa dengan hati lapang.

7. Latihan Sholat Malam

Pengen kesempatan mendapatkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan hilang begitu saja? Tentu tidak bukan? Karena itu mulai sekarang kita harus mulai mengatur jadwal tidur. Mulai latihan sholat malam dari sekarang, agar pas Ramadhan nanti kita udah biasa dan gak ngantuk. Oh iya, latihan ini bukan cuma buat latihan sholat malam lho, tapi juga latihan bangun sahur.

8. Latihan Puasa

Cobalah puasa senin kamis selama bulan sya’ban ini. Biar pas Ramadhan datang, kita tidak kaget ampe sakit perut. Lumayankan dana makan siang bisa ditabung buat beli ta’jil di Ramadhan nanti. Latihan dapat, pas ramadhan nanti pahala juga melimpah. Ingat, memberi ta’jil orang yang berpuasa, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala mereka. Enak to.. mantap to… ha..ha..ha..ha

Nah, mudah-mudahan tips kecil ini bisa membantu kita menyambut Ramadhan dengan lebih baik. Hmm.. saya juga lagi mikir-mikir untuk sedikit melakukan modifikasi theme blog ini biar terkesan Ramdhan banget.

Kantong….

Pernah perhatikan nggak kantong baju cowok dan cewek? Jika anda lihat, kantong baju cowok selalu lebih banyak daripada kantong baju cewek.

Bahkan dalam survey singkat saya pagi tadi saya melihat bapak-bapak saat melakukan apapun bahkan cuma menyiram tanaman bajunya selalu ada kantongnya. Kalau ndak di bajunya ya di celananya. Bahkan yang pakai sarungpun trnyata bajunya punya kantong.

Lalu untuk ibu-ibunya, udah jelas2 mau belanja ke pasar (kebetulan tadi pagi saya jalan2 ke pasar), lha kok pake baju yang gak ada kantongnya. Akibatnya uangnya cuma dimasukkan dompet dan dibawa kemana-mana.

Lalu saya coba mengait-ngaitkan jumlah kantong ini dengan kebiasaan cowok dan cewek dalam soal uang. Mulai mencari sampai membelanjakan.

COWOK SUKA CARI DUIT

Karena memiliki kantong banyak, maka cowok cenderung untuk memenuhinya. Mereka berlomba-lomba melakukan berbagai upaya agar kantongnya terisi uang.

Setelah mendapatkan uang, cowok biasanya pelit untuk mengeluarkan. Apalagi kalau masih ada 1 kantong yang belum ada isinya. Dia mau mengeluarkan uang dari 1 kantong asal mendapatkan 2 kantong uang lagi. Istilah kerennya investasi

CEWEK SUKA BELANJA

Karena gak punya kantong, maka cewek cenderung untuk membelanjakan uang yang dipegangnya. Daripada capek megang uang, mending capek pegang belanjaan. Gitu mungkin pikir mereka. Dan biasanya cewek kurang doyan untuk cari duit. Kalaupun mereka mencari uang, biasanya ujung2nya ya buat belanja. hehehe..

Karena itulah mereka ini diberi pinggul yang kuat agar kuat berjalan-jalan di Mall untuk belanja dan milih2 baju. Jangan pernah lihatkan angka % di depan mereka, karena sekali pandang aja, mereka langsung mampu membacanya dengan amat sangat jelas. :)

Nah, kebiasaan ini jika anda pahami, maka bisa anda jadikan peluang bisnis. Jika bisnis anda ada bau-bau bisnis, dapat duit, kerjaan atau semua yang berbau-bau investasi, maka target pasar anda seharusnya cowok karena mereka ini DOYAN DUIT.

Tapi jika target pasar anda barang2 konsumtif, gak peduli itu baju cowok sekalipun, maka seharusnya target pasar anda adalah ibu-ibu (cewek). Dan ingat untuk ngasih tulisan persen (%) di atasnya. Lihat aja huruf % memiliki 2 mata yang mampu menangkap para cewek agar mau mampir.

NB:

– Artikel diatas hanya opini iseng saya, jangan terlalu dianggap serius. Gak ada maksud untuk membedakan gender :)
– Buat para designer baju, bikin dong baju cewek yang kantongnya banyak. Kalau perlu kantong semua.. hehehe

Bagaimana Mengembalikan Jati Diri Bangsa?

Sebenarnya ada banyak cara mengembalikan jati diri bangsa kita. Tapi kita perlu tahu dulu bagaimana sih bangsa kita ini sebenarnya. Dan pengembalian ini juga tidak boleh serta merta menjadi kemunduran. Karena itu untuk memudahkan penjelasan, ada baiknya kita melihat contoh negara timur lain yang masih menjunjung tinggi budaya bangsa dan bahkan menjadikannya budaya dunia.

Ambil contoh Jepang, meskipun terbilang negara yang sangat pesat perkembangannya, tapi Jepang masih setia dengan budaya aslinya. Sehingga jika kita masuk rumah-rumah Jepang kita langsung bisa mengatakan, ini rumah orang Jepang.

Saat kita berjalan-jalan di perkampungan2 Jepang, kita akan melihat huruf2 Jepang, orang2 berbahasa Jepang dan aneka asesoris khas Jepang lainnya. Ya, Jepang memang sudah modern tapi mereka tidak kehilangan Jati Dirinya sebagai bangsa.

Bagaimana dengan Indonesia. Apakah Jati Diri bangsa ini?

Pertama tentu saja budaya. Ada banyak ragam budaya di Indonesia, bahkan di Jawa kita memiliki tulisan Jawa. Gak kalah dengan Jepang, tulisan aksara Jawa sangat mudah dipelajari. Jadi seharusnya bisa mulai diperkenalkan. Minimal dipajang di beberapa tempat umum seperti di Jogja.

Itu dari tulisan, lalu soal tari-tarian yang banyak ragamnya. Sekarang ini jarang kita lohat lagi pertunjukkan tari. Bahkan tari Remo yang biasanya mengawali acara2 kenegaraan sudah tidak ada. Padahal dulu hampir tiap ada acara besar seperti peringatan 17-an tari Remo selalu menjadi pembuka. Tapi sayangnya sekarang ini tari2an sudah di modif dengan musik2 modern sehingga kelemah lembutannya menjadi sirna.

Kalau di Jepang, hampir di tiap rumah ada samurai. Tapi sayangnya di tanah air kita ini jarang kita dapati asesoris khas Indonesia seperti keris, rencong, dll. Untung saudara kita di madura masih suka menggantungkan celurit senjata khas pulau garam itu di tembok rumah mereka.

Maka satu-satunya cara untuk mengembalikan Jati Diri bangsa ini adalah dengan mulai memanfaatkan dan menggunakan budaya-budaya asli Indonesia dengan semaksimal mungkin. Memang butuh waktu dan pembiasaan, tapi lambat laun pasti bisa.

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Apa yang dimaksud mengembalikan jati diri bangsa? Apa sebenarnya jati diri bangsa itu? Tak dapat dipungkiri lagi bahwa sebuah bangsa akan kehilangan jati dirinya apabila dia tidak memiliki prinsip dan keunikan tersendiri.

Bangsa kita misalnya, sudah dikenal dengan senyumannya. Itu adalah jati diri bangsa kita. Kita juga dikenal dengan kerukunannya. Bayangkan saja, ada banyak suku dan agama di Indonesia tapi semua bisa hidup berdampingan dan penuh kerukunan.

Tapi sayang, jati diri bangsa itu kini ternodai olah tangan-tangan kotor para politisi negeri ini. Dengan berbagai upaya mereka memecah belah bangsa tercinta ini. Mulai dengan issue2 negatif, fitnah-fitnah tak berdasar sampai ancaman-ancaman akan kebebasan berpendapat di negeri ini.

Saatnya Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Maka sudah saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa ini. Menemukan kembali budaya kita yang terlindas jaman. Mencari arti hidup yang sebenarnya. Kita ini adalah bersaudara. Kita lahir dan makan dari tanah yang sama. Kita menghirup udara yang sama. Kita juga punya salah dalam diri kita.

Jadi, kenapa kita tidak melihat sisi positif dari saudara kita? Bukankah udara yang merasuk dalam tubuhnya adalah udara yang sama dengan yang kita hirup. Bukankah makanan yang menjadi darah dagingnya berasal dari tanah yang sama dengan makanan kita.

Sesungguhnya kita ini hanya terpisah oleh badan. Tapi darah, daging dan udara yang kita miliki adalah sama. Sungguh aneh jika kita menghina saudara kita. Karena penghinaan terhadap saudara kita adalah penghinaan terhadap diri kita sendiri.

Maka, walaupun besok kita akan memilih pemimpin kita, maka pastikan apapun hasilnya kita tetaplah bersaudara. Karena persaudaraan adalah jati diri bangsa Indonesia. Bagi yang belum masuk DPT, anda bisa membaca panduan mencontreng menggunakan KTP di BeritaJitu.com

31 Hari Menjelang Ramadhan

Televisi sudah mulai gencar menayangkan iklan-iklan minuman untuk berbuka puasa. Mulai sirup sampai yang siap saji. Seger-seger iklannya. Dan cewek2 berbaju dengan bahan kurang mulai berkurang kemunculannya walaupun masih ada juga sih.. hehehe…

Tapi bila anda perhatikan dari tahun ke tahun trend ini terus terulang. Setelah iklan-iklan, biasanya akan muncul juga sinetron-sinetron baik yang muncul sebelum maghrib sampai yang pas sahur. Beberapa pusat perbelanjaanpun akan mulai aktif mempersiapkan kedatangan bulan suci ini.

Tapi yang aneh, kadang kala umat Islam sendiri yang kurang maksimal dalam mempersiapkan kedatangan bulan penuh berkah ini. Maka, sudah bisa dipastikan ketika Ramadhan datang yang terjadi cuma kaget-kaget dan berbagai penyakit mulai yang tiba-tiba mules sampai lemes dan males mulai berdatangan.

So, mumpung masih ada waktu, masih kurang 31 hari lagi, silahkan mulai mempersiapkan diri. Fisik dan mental juga mulai diasah. Biar pas Ramadhan datang kita bisa mengeruk sebanyak-banyaknya berkah setahun sekali ini. Anggap aja musibah bom di JW Marriot dan Ritz Carlton sebagai peringatan bahwaRamadhan sudah dekat dan siapa tahu ini Ramadhan terakhir kita. Atau jangan-jangan kita gak nyampai ke bulan Ramadhan.

Menang Kalah dapat Hadiah

Setelah saya pikir-pikir kembali, apapun perjuangannya haruslah dihargai. Termasuk perjuangan mendukung saya menjadi pemenang kontes SEO “Mengembalikan Jati Diri Bangsa” yang diadakan oleh BeritaJitu.com. Karena itu, saya mengubah keputusan pemberian ebook Menuju #1 Google di Kontes SEO Indonesia.

Keputusan terakhir adalah walaupun saya menang atau kalah, di posisi manapun juga nanti, anda tetap akan mendapatkan ebook tersebut. Tapi tentu saja, hanya untuk yang memberi dukungan berupa link ke http://lutviavandi.com/mengembalikan-jati-diri-bangsa.html dan Mengirim Pemberitahuan pemasangan backlink ke ebookgratis@cafebisnis.com

Jadi mohon diingat setelah memberi link, anda harus memberi tahu saya. Memang sih, WordPress akan mampu melacak tiap link yang diberikan kepada blog ini, tapikan saya gak tahu alamat email anda? Jadi, tolong setelah memberi backlink ngasih info ya?

Nanti anda perlu mendaftar ke autoresponder yang sudah saya siapkan (alamat dirahasiakan hehehe). Tenang aja, anda cuma akan mendapat 3 email saja dari autoresponder itu. Email konfirmasi, pengiriman ebook edisi pertama dan email pengiriman ebook edisi final.

Saya pernah mengadakan kontes serupa, tapi karena kendala pengiriman akhirnya malah kacau. Jadi, agar peristiwa yang lalu tidak terulang, saya harapkan anda mengirimkan email ke ebookgratis@cafebisnis.com dan sertakan dalam email itu URL artikel tempat anda memasang backlink

Ingat! Tak peduli bagaimanapun hasil pertandingan nanti, semua yang ngasih backlink akan dapat reward!!