Nyoba WordPress 4.1 dan Tenty Fifteen Theme

Sebenarnya tadi malam sudah dapat notifikasi dari polygoth kalau rilis WordPress 4.1 akan beberapa jam lagi, tapi karena baru sempet online ya udah deh pagi ini nyobanya.

Cukup mantap juga upgrade kali ini karena fokusnya kembali kepada blogging. Salah satunya adalah fasilitas full screen yg sekarang berubah menjadi distraction free. Mirip dg fullscreen sih, tapi kolomnya masih seperti post new biasa hanya saja tanpa adanya menu2 dan box-box di samping kanan dan kiri.

Bahkan admin bar hitam-pun berubah menjadi shadow sehingga fokus kita hanya di box editor saja. Sangat nyaman 🙂

Saya juga mencoba theme Twenty Fifteen yang benar-benar fokus pada kegiatan blogging. Cuma bagian feature image-nya yg mungkin perlu ada pembenahan mengingat featured image tidak ada cropping otomatisnya sehingga jika gambarnya kebetulan kurang proporsional, dia menampilkan gitu aja. Jadi, terpaksa deh hapus2 featured image dulu biar tampilan lebih rapi.

Oh iya yg menarik di theme ini adalah ketika kita pasang widget category, saat scrolling kategori-nya akan tetap di sana gak ikutan hilang ke atas. Jadi, ketika pengunjung selesai membaca mereka bisa navigasi ke kategori lain dengan mudah. Saya belum coba widget yg lain sih, misalnya custom menu, dll. Kalau custom menu ikutan diam, akan keren sekali 🙂

Ok, segitu dulu deh, mau coba menjelajahi fitur-fitur baru di wordpress 4.1 ini dulu.