Mengelola Iklan KlikSaya.com

Sudah sebulan ini saya mencoba PPC lokal kliksaya. Sebenarnya sih saya sudah lama bergabung, cuma saya coba lebih serius lagi dalam menjadi publishernya. Pendapatannya sih jauh banget kalau dibandingkan dengan google adsense. Tapi dengan TOS yang lebih longgar (termasuk dukungan bahasa Indonesia), rasanya sayang kalau ndak dimanfaatkan, ya toh?

Nah, akhir-akhir ini saya melihat iklan di blog saya kok itu-itu aja, maksudnya dari web yang hampir sama dengan iklan yang sama juga. Saya pun iseng melihat siapa saja sih pengiklannya melalui menu Daftar Iklan – Iklan Global. Dan ternyata oh ternyata ada 1 web yang bikin kampanye sampai 4 halaman bro. Padahal sebenarnya banyak lho iklan-iklan lain yang gak kalah bagus. Tapi gara-gara web itu iklan-iklan itu peluang munculnya jadi kecil banget.

Akhirnya saya lihat URL-nya dengan klik Lihat Detil. Dan menggunakan fasilitas pencarian kliksaya, saya tinggal masukkan URL web biang kerok itu. Muncul deh semua. Tinggal select all dan saya tinggalkan 1 doang lalu saya Tolak Iklan… hehehe.. Semua iklannya saya tolak dan hanya meninggalkan 1 kampanye aja.

Lalu saya coba berburu iklan-iklan yang lain dan lagi-lagi ada beberapa iklan yang dobel dalam memposting iklannya. Maka saya tolak juga mereka dan meninggalkan 1 saja.

Alhamdulillah berkat aksi bersih-bersih ini, iklan-iklan yang muncul jadi bervariasi. Dan kemungkinan pengunjung belum pernah lihat iklan tersebut (karena memang tenggelam gara-gara pemasang iklan rakus).

Mungkin ini bisa jadi koreksi terhadap pengelola kliksaya agar jangan sampai ada pengiklan yang memasang iklan yang sama sebanyak itu. Ini sangat merugikan pemasang iklan yang lain karena iklannya gak pernah tampil.

Nah, sekarang kita tunggu bagaimana hasil-nya apakah dengan iklan yang lebih bersih akan menghasilkan klik yang lebih banyak? Kita lihat saja nanti 🙂