Ada pertanyaan menggelitik seorang anak kepada ibunya. “Bu, kenapa sih kita puasa?”. Ibunya menjawab dengan sangat bijaksana,”Ini untuk menunjukkan kepada Allah bahwa kita adalah hambaNya yang bertaqwa”.

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa “ ( QS Al-Baqarah : 183 )

Ya, itulah inti dari puasa. Menjadi hamba yang bertaqwa kepada Allah SWT. Perkara ada efek samping dibalik puasa seperti lebih sehat, lebih semangat ibadah atau bahkan lebih lapar, itu hanyalah sampingan saja.

Ustadz Agung Cahyadi, anggota DSW Jatim mengatakan bahwa,”Tidak semua ibadah mahdhoh harus diketahui hikmahnya. Karena sesungguhnya ibadah itu adalah untuk menguji iman kita pada Allah”.

Tapi bagaimanapun, terkadang manusia butuh pancingan agar mau beribadah. Itulah kenapa Allah menciptakan surga dan neraka. Itulah sebabnya ada yang namanya pahala dan dosa. Karena pada dasarnya manusia itu pelit.. hehehe.. Jadi, apa saja hikmah Ramadhan?

  1. Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup.
  2. Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu.
  3. Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR.
  4. Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma’shiyat agar menahan diri.
  5. Beramal di bulan Ramdhan dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat sampai dengan Ramadhan berikutnya.
  6. Menjadikan bulan Ramadhan memintakan syafaa’t.
  7. Khusus bagi yang puasa disediakan pintu khusus yang bernama Rayyaan untuk memasuki Jannah.

Saya ingatkan kembali, hendaknya kita berpuasa bukan karena hikmah, tapi karena Allah semata. Apalah arti semua hikmah diatas kalau diberikan oleh Allah tanpa keridhaanNya. Betul nggak?

6 Responses so far.

  1. heri says:

    mg mg puasa nanti mendatangkan berkah

  2. semoga kita semua masuk surga, amieen.

  3. URIP WIDODO says:

    ass wr wb. tolong ustadz lutvi avandi, saya alamat ustadz dan nomor hpnya.
    terimakasih
    Balikpapan Kota Beriman.

  4. ulfa says:

    Mga semua amal ibadah yg kita lakukan dibulan suci ini diterima Allah SWT, amin…

  5. is usman says:

    moga bulan yang penuh barokah ini kita mendapat magfirah dari Allah SWT Amin.

  6. QZoners says:

    Wah, saya sih bukan ustadz pak. Cuma sharing aja apa yang saya tahu :)

Berdakwah Tanpa Suara, Menulis Tanpa Pena

Foto LutviNama saya Lutvi Avandi. Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama.