memuliakan tetangga

Ente Punya Tetangga Gan!

memuliakan tetanggaTerjun di bisnis online mungkin jadi dambaan banyak orang. Santai di rumah, gak perlu berpanas-panas ria. Jauh dari macet. Rumah walau di pinggir sawah yang sejuk dan tenang nggak masalah asal koneksi lancar. Dan yang asyik, duit tinggal ambil aja di ATM kalau pas butuh.

Tapi fokus di bisnis online bukanlah sesuatu yang tanpa resiko. Memang sih dari segi materi resikonya bisa dibilang tidak ada. Bayangin aja, kalaupun domain anda ke banned, paling anda cuma rugi 85-100 ribu aja. Padahal sebelum kena banned itu boleh jadi domain tersebut sudah menghasilkan sekian puluh dollar atau malah ratusan dollar. Hosting juga masih bisa dipakai, tinggal beli domain baru aja kan?

Resiko yang menurut saya paling tinggi adalah masalah dengan kesehatan dan tetangga. Maklum, karena kebanyakan nongkrong di depan laptop, kita jadi nggak pernah menyapa tetangga. Untuk ini sebenarnya dengan aktif jamaah di masjid bisa menjadi penangkal yang paling maknyus sebagaimana yang saya lakukan.

Tapi jangan cuma pergi ke masjid, lalu pulang gitu aja. Sekali-kali tinggallah sebentar dan ngobrol-ngobrol dengan jamaah yang lain. Atau ketika pulang dari masjid dan kebetulan ada tetangga yang cangkruk di pinggir jalan, maka datangi dong.

Menanyakan kabar mungkin terkesan terlalu formil ya. Kalau saya biasanya saya buka dengan pertanyaan, “Lagi santai nih pak?”. Biasanya beliaunya jawab, “Inggih”. Abis itu komentar deh soal cuaca, kalau panas ya bilang aja, “Panas banget ya?”. Selanjutnya biasanya akan cair tuh suasana.

Untuk menjelaskan pekerjaan anda sebagai pebisnis online, triknya simpel kok. Anda jangan nyerocos saya itu kerjanya ini dan itu. Nanti anda bisa dikatakan sombong. Kalau saya biasanya nanya kerjaan mereka dulu. “Ngomong-ngomong kerjanya dimana pak?”. Nah, biasanya setelah mereka jelasin kerjaannya, maka mereka akan balik bertanya. Apalagi kalau kita jarang keluar rumah hehehe..

Dan akan sangat baik kalau kita dekat dengan ketua RT. Mereka ini kuncinya. Kalau pak RT-nya paham kerjaan anda, maka insya Allah ndak akan banyak masalah. Cara dekat dengan pak RT gampang, waktu kerja bakti, deketin aja pak RT. Kalau dia ngerjain apa, bantuin.

Mudah-mudahan ini bisa jadi tips jitu untuk menghindarkan diri dari fitnah. Jangan sampai kerjaan kita yang susah payah dianggap memelihara tuyul. Bahkan ada temen di adsense-id malah dikira teroris dan penjual narkoba. Puyeng nggak tuh.. 😀