Ramadhan Day #3 – Fluktuasi Iman

Iman itu terdiri 4 jenis. Iman yang stabil yg tak pernah naik atau turun. Iman spt ini dimiliki oleh Malaikat. Yang kedua, iman yg selalu naik. Iman spt ini dimiliki oleh para nabi dan Rasul. Sedangkan ketiga, iman yg cenderung turun. Iman spt ini dimiliki oleh syetan dan bala tentaranya. Terakhir, iman yg kadang naik dan kadang turun (fluktuatif). Inilah iman manusia spt kita.

Ramadhan adalah momen yg sangat penting untuk meningkatkan fluktuasi keimanan kita. Jika menjelang Ramadhan iman kita di level 40 misalnya, maka dlm sebulan ini kita upayakan utk naik setinggi mungkin hingga level 80 misalnya.

Kenapa? Karena biasanya, keimanan kita cenderung merosot pasca Ramadhan. Bahkan byk yg kemudian meninggalkan jamaah sholat pada tanggal 1 Syawal. Hanya sehari saja Ramadhan hilang dan BAMMM!! Imanpun anjlok.

Tp itu bisa dimaklumi, mengingat selama Ramadhan, syetan benar2 terpenjara. Maka begitu datang 1 syawal syetanpun kirim kekuatan yg dia tahan selama sebulan. Dihabiskan di 1 syawal.

Jadilah 1 syawal sbg hari masjid sepi, hari perut kenyang dan hari sentuhan lelaki perempuan. Hebatnya lagi syetan membungkusnya dg begitu apik. Sehingga siapa yg ke masjid hari itu padahal ada tamu di rumah, siapa yg enggan makan jamuan yg disuguhkan dan siapa yg tak mau sentuhan tangan, akan dianggap tidak sopan. Hebat kan?

Yuk, mumpung masih awal Ramadhan nih, kita kumpuliin byk2 pahala dan kebaikan. Krn kita tak tahu stlh Ramadhan nnt apa bisa kita tahan dr godaan syetan. 11 bln adalah waktu lama dan saat itu nyawa kita bisa saja dicabut Allah SWT. Jangan sampee ibadah kita Ramadhan ini gak cukup utk nutupin maksiat yg susah kita tinggalkan krn udah jadi “budaya”.

Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa2 kita baik yang dulu, sekarang maupun yg akan datang. Baik itu dosa kita, istri dan anak2 kita atau saudara2 kita yg lain. Aamiin

Ramadhan Day #2 – Menolak Surga

Alhamdulillah.. Sudah hari kedua Ramadhan. Sungguh sayang jika 28 hari ke depan tdk mampu membawa kita ke surga Allah SWT. Rasanya sdh sering kita dengar para ustadz, kyai dan para penceramah yg menyiarkan keutamaan Ramadhan. Bagaimana tiket surga benar2 diobral bulan ini. Hingga ada ungkapan,”Tiap detik Ramadhan tak layak disiakan”

Bagaimana tidak, kita sholat di bulan ini, sama seperti sholat 700x di bulan lain. Kita infaq di bulan ini sama seperti infaq 700x di bulan lain. Dan yg lebih keren ganjarannya adalah dibebaskan dari api neraka. Tahu artinya? Jelas sudah pasti masuk surga dong.

Trus surga itu spt apa sih? Tak ada seorangpun yg bisa menggambarkannya. Indahnya blm terbayang manusia. Nikmatnya blm pernah dirasa manusia.

Setiap lelaki akan didampingi oleh 70 bidadari bermata jeli, berkulit halus mulus mengenakan gaun warna hijau yg indah. Apapun yg kita minta tersedia.

Nah, kira2 klo kita dpt tawaran kyk gitu dan syaratnya cuma nahan nafsu aja selama sebulan, ibadah pol2-an kira2 masak kita lewatkan begitu saja? Sungguh kita akan masuk golongan orang yg merugi besaaar jika demikian

Ramadhan Day #1 – Marhaban yaa Ramadhan

Alhamdulillah.. Hari ini kita tlah memasuki bulan Ramadhan. Yaa walaupun masih ada jg yg baru besok Ramadhan-nya saat posisi hilal sudah lebih dari 10 derajat tapi biarin deh urusan mereka sendiri.

Bagi kita yg yakin sudah masuk Ramadhan, artinya sejak kemarin maghrib, ibadah sunnah yg kita lakukan maka dinilai sebagai ibadah wajib dan ibadah wajib akan dilipatgandakan 700x dr bulan biasa. Maka yg Ramadhan hari ini punya keunggulan 700 hari atau hampir 2 tahun dibanding yg besok karena nnt Hari Rayanya insyaaLlah akan sama karena posisi hilal dibawah ufuk sehingga digenapkan jadi 30 hari atau yg besok berarti digenapkan jadi 29 hari.

Karena itu akan sangat rugi sekali kalo start awal ini tdk kita maksimalkan. Klo bisa hari pertama, mumpung semangat ngebut poooll !! Sehari 3 – 4 juz misalnya atau lebih. Semua sholat sunnah kita kerjakan. Ibadah wajib di masjid berjamaah.

Ini adalah bulan panen, jadi hanya orang2 bodoh dan menolak surga saja yg di bulan ini masih males ibadah. Ibarat bisnis investasi, klo buy di bulan ini maka untungnya tuh 700x atau 70.000% bayangin klo ada tawaran investasi dg keuntungan 700% aja pasti semua orang akan bondong2 kan? Jadi yg gak mau ikut kira2 kita sebut apa?

Klo invest dunia aja kita jual rumah, jual tanah, jual sapi biar bisa ikut apalagi invest akherat yang PASTI dapat hasilnya. Tp manusia kan sebagian suka yg instant2. Pengennya sholat sekarang, salam lalu duit jatuh di depannya. Padahal balasan yg didapat kelak itu jauuuh lebih tinggi nilainya dibanding balasan dunia.

InsyaaLlah besok kita akan bicara soal sorga dan betapa bodohnya orang2 yg tak berusaha mendapatkannya

Riyadhoh.com bagi-bagi Quran Gratis

Alhamdulillah, belum sebulan diluncurkan dukungan terhadap layanan pengingat sholat Dhuha dan Tahajud sudah berdatangan. Yang paling membuat saya bersemangat adalah adanya dukungan langsung dari Ust. Yusuf Mansur melalui twitternya @yusuf_mansur. Bahkan ada rencana untuk menjadikan layanan ini sebagai official service-nya Wisata Hati. hehehe..

Tak hanya itu, untuk lebih menyemarakkan program ini, tadi pagi ada sponsor yang mau bagi-bagi Al-Quran kepada para peserta SMS Dhuha. Ya tentunya nggak semua dapat karena keterbatasan dana. InsyaaLlah tiap hari Jum’at akan diundi 1 orang yang beruntung mendapatkan hadiah Al-quran. Pajak dan ongkos kirim ditanggung sponsor

Riyadhoh.com juga sudah menggunakan nomor SMS Center resmi yaitu 08970097777. Anda bisa melihat tata cara menjadi peserta Dhuha Reminder langsung melalui web http://riyadhoh.com Dan jangan lupa, kalau sudah gabung laksanakan dong dhuha dan tahajudnya. Siapa tahu anda yang layak dapat Quran yang isinya komplit..plit..plit

Layanan SMS Dhuha Reminder

dhuhaInsyaaLlah sebentar lagi kita akan sangat terbantu dengan teknologi SMS Gateway. Entah sudah ada yang membuatnya atau belum, tapi saya ingin coba meramaikan dunia persilatan ini hehehe… Layanan ini sifatnya gratis, kecuali hanya biaya SMS waktu mendaftar saja sesuai tarif SMS kartu anda sendiri. Dan kalau kartunya ngasih gratis SMS berarti total semuanya gratis.

Layanan ini akan mengirimkan SMS ke HP anda secara otomatis setiap waktu dhuha dan tahajud. Untuk jam-nya anda bisa setting sendiri mau di-SMS jam berapa. Tapi sesuaikan dengan zona waktunya ya? Karena yang dipakai adalah zona waktu Indonesia bagian Barat. Jadi buat yang di WIT atau WITA cocokkan dengan jam WIB. Jangan sampai anda jadi kesiangan gara-gara salah setting jam. Continue reading Layanan SMS Dhuha Reminder

Halaqoh Online… Mungkinkah?

halaqah onlinePerkembangan teknologi sedemikian canggihnya. Waktu dan jarak sudah bukan lagi masalah besar bagi manusia jaman sekarang. Di negeri manapun anda, kita bisa berinteraksi secara live. Jika dulu untuk ngobrol kita harus ketak-ketik sehingga yang jadi pembicara males juga, sekarang tinggal pasang webcam dan headset kita bisa ngobrol dengan beberapa orang sekaligus.

Pekan lalu saat halaqoh rutin pekanan kami, ustad sempat melontarkan sebuah ide halaqoh online kepada saya. Lalu saya pikir, apakah diperbolehkan halaqah dengan cara seperti itu? Tanpa pertemuan dan tanpa silaturahim. Untunglah diskusi itu terjadi di Indonesia lalu saya sampaikan saja untuk di Indonesia sepertinya belum bisa ustadz. Soalnya koneksiya masih lelet dan nggak semua ikhwah punya koneksi internet sendiri di rumah. Continue reading Halaqoh Online… Mungkinkah?

Azab dan nikmat itu tidak ada

Nikmat di tengah musibahSering saya coba merenungi setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup saya. Mulai musibah yang saya alami sampai nikmat-nikmat yang saya dapatkan. Kemudian saya coba-coba menemukan jawaban, apakah peristiwa itu termasuk nikmat ataukah termasuk musibah atau azab?

Awal-awal jika saya mendapati peristiwa yang menyenangkan, saya langsung berkesimpulan ini adalah nikmat. Dan kalau peristiwa itu tidak menyenangkan saya sebut musibah. Tapi kemudian saya berpikir lagi lebih dalam benarkah nikmat itu nikmat dan musibah itu musibah? Karena seringkali sebuah nikmat justru adalah musibah bagi saya dan yang saya pikir musibah ternyata adalah sebuah nikmat. Continue reading Azab dan nikmat itu tidak ada

Mencegah Kemungkaran Cuma 3 Cara

Mencegah kemungkaranSaat ini banyak kritikus, komentator, pengamat atau apalah namanya yang mulai di “pelihara” oleh televisi-televisi. Bahkan mereka juga mencoba mencari peliharaan baru dengan melibatkan pemirsa dalam upayanya untuk menambah peliharaan tukang kritik. Bahkan ada kesan kalau kritikus itu banyak disukai masyarakat, dianggap orang pinter dan dianggap bersih. Padahal apa yang mereka lakukan itu sebenarnya jauh dari nilai-nilai Islam dan bisa dianggap KEMAKSIATAN.

Rasulullah SAW sendiri dengan tegas menyatakan bahwa hanya ada 3 cara untuk mencegah kemungkaran:

Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tangannya; jika tidak mampu, maka dengan lisannya; jika ia masih tidak mampu, maka dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim)

Saya yakin anda semua sering mendengar hadist ini. Tapi apakah sudah benar-benar menjalaninya, saya rasa masih belum sepenuhnya. Setidaknya ada cara yang keliru dalam menerapkan hadist tersebut khususnya pada bagian

jika tidak mampu, maka dengan lisannya;

Seringkali kita mengartikan maksud kalimat itu dengan kritikan. Tapi sayang, kritik yang diajukan bukan ke yang bersangkutan. Tapi dengan pengecut menyampaikannya ke publik. Padahal maksud hadist tersebut adalah memberikan nasehat kebenaran kepada yang bersangkutan, bukan pada orang lain yang sama sekali ndak ada hubungannya dengan pelaku. Continue reading Mencegah Kemungkaran Cuma 3 Cara

Budaya Bohong, Apakah Kita Akan Mengikutinya Juga?

Jika dalam artikel yang lalu saya pernah menuliskan agar kita mau mempelajari sesuatu sebelum mengikutinya, insya Allah 2 hari lagi akan ada budaya jelek yang entah kenapa harus diperingati juga setiap tahun. Itulah April Mop. Konon pada hari itu semua orang diijinkan untuk berbohong. Aneh…

Dan dari pantauan timeline saya, ternyata orang-orang yang punya banyak fans malah dengan bodohnya ikut-ikutan baik secara sadar maupun tidak mengkampanyekan budaya aneh ini. Pertanyaannya kemudian apalagi pembelaan kita atas kebudayaan tak bermoral ini? Continue reading Budaya Bohong, Apakah Kita Akan Mengikutinya Juga?