[BUKTI] SalingSapa.com sudah beli Lisensi

Jujur saja, saya sebel banget dengan pembuatn thread di kaskus. Entah karena dia gak punya anak atau karena sebel karena bukan dia yang diekspos media sehingga bikin tuduhan keji seperti itu. Tapi biarlah, Allah punya cara sendiri untuk memberikan keadilan.

Seperti diketahui saat ini Muhammad Yahya Harlan tengah dikeroyok banyak orang gara-gara media yang asal aja ngecap. Anak SMP kelas 1 itu harus menghadapi kata-kata dari mulut yang seharusnya layak disumpal dengan kotoran kambing biar diam.

Pertama yang harus saya sampaikan adalah. Para pengkritik itu sudah bego sejak awal. Sudah tahu ini anak SMP, ya jelas gak akan bikin benar-benar dari nol lah. Saya sendiri waktu tahu salingsapa.com dari acara Majelis Adz-Dzikra langsung tahu kok kalau si Yahya menggunakan script gratisan sebagai mesin utamanya.

Yang dimaksud membuat itu bukan selalu harus membuat dari awal. Disitulah letak begonya mereka yang asal ngecap aja di kakus. Ambil contoh WordPress lah. Dimana-mana panduan WordPress itu selalu bilang, cara membuat blog. Tapi apa benar-benar membuat blog dari nol? Ya ndak. Maksudnya membuat blog adalah membangun blog menggunakan suatu system yang sudah ada kemudian mengembangkannya sehingga menjadi sesuai selera kita.

Trus apa maunya beritanya dibuat judul puanjaaang gitu? saya punya banyak member yang mengatakan, “Mas saya sudah bikin blog pakai blogspot”. Apa kemudian saya harus katakan, PLAGIAT LOE!! Tentu saya adalah orang edan kalau gitu.

Trus dibilang plagiat juga plagiat dimananya? Niru facebook? Emangnya gak pernah lihat facebook. walaupun sudah lama gak main, saya masih inget betul warna dasar FB itu biru. Bukannya merah. Apalagi ada gambar ka’bah. Lha plagiat dimananya coba?

Kalau modelnya yang dianggap niru, lha semua juga modelnya gitu. Lihat aja twitter, friendster atau situs jejaring sosial lain. Menu-menu itu sih standar di sebuah jejaring sosial

Nah, sekarang biar semuanya jelas. Sayapun kirim email langsung ke JCOW.NET minta konfirmasi soal lisensi ini. Dan ini jawabnya

Sekarang saya minta semua pihak untuk tenang. Biarkan anak ini belajar. Hari ini dia mungkin cuma pakai open source. Tapi saya yakin jika dipupuk terus dia akan bisa membangun semuanya dari awal.

Dan kepada tukang kecap serta orang-orang yang protes karena webnya gak diliput TVOne, saya doakan mudah-mudahan anak-anak anda tidak ada yang sampai dimaki-maki orang lain. Jika ternyata kejadian juga, mungkin anda harus minta maaf kepada Yahya. Ingat, Allah tahu apa yang ada dalam hati anda. Sehitam apapun itu. Dan balasan Allah sungguh amat keji

Kepada Yahya, jangan risau dek. Teruskan usahamu. Orang-orang ini biar kami yang urus. 🙂