Berkarirlah di Industri Jaringan


Saya lupa pernah baca ini darimana. Kalau tidak salah yang mengatakan adalah Mr. Tung Desem Waringin. Beliau mengatakan, tempat terbaik untuk belajar bisnis itu adalah:

  1. Asuransi
  2. MLM (Business Network)

Hal ini selaras dengan status salah satu teman facebook saya, yaitu mas Alfian Anjar yang mengatakan seperti ini:

Seandainya atasan kita mendapat royalti 10% dr gaji kita, mungkin mereka akan lebih bersemangat membimbing. Lebih banyak meminjamkan kaset & buku.

Tapi sayang, itu tidak terjadi. Karena sebagai karyawan kita dibayar u/ menyelesaikan tugas.
Kalau Anda terlalu banyak bertanya, atasan Anda pasti marah. Anda dianggap tidak kompeten. Dan bisa dipastikan, karyawan demikian pasti dipecat.

Jadi, sekarang Anda paham bedanya dibanding berkarir sebagai Mitra Bisnis Jaringan.

Di Asuransi dan bisnis jaringan/MLM, ada begitu banyak pihak yang menginginkan anda berhasil. Minimal adalah para upline anda. Karena, jika anda berhasil di bisnis ini, mereka akan mendapatkan bagian juga.

Maka di bisnis MLM, anda akan didorong untuk terus melampaui prestasi anda. Didorong untuk sukses dan semakin sukses. Semakin anda sukses, semakin besar juga komisi para upline anda.

Sangat beda yang terjadi di bisnis konvensional. Atasan dan bawahan bisa jadi saingan. Jika bawahan terlalu semangat kerja, atasan akan melakukan sabotase karena kalau sampai atasan yg lebih tinggi tahu, bisa-bisa dia digeser kedudukannya. Bahkan boleh jadi, bawahannya akan jadi atasannya.

Persaingan antar karyawan juga cukup memanas. Sehingga biar aman, biasanya kinerjanya ya by target. Asal tembus target sudah cukup. Gak perlu sampai jauh melebihi target, karena bisa bikin iri karyawan lain.

Meski begitu, sebagaimana di bisnis konvensional, di bisnis jaringan juga ada upline-upline yang hanya mengeruk kekayaaan downlinenya. Biasanya ini terjadi pada bisnis MLM yg memutar uang pendaftaran. Sebagian besar penghasilan perusahaan berasal dari uang pendaftaran. Kalau sudah seperti ini, ya jangan salahkan para upline yang cuma semangat merekrut saja. Setelah itu ditinggal. Lha buat apa? Kalaupun dapat komisi juga kecil hehehe…

Maka, carilah bisnis jaringan yang biaya pendaftarannya sangat murah, mungkin cuma cukup untuk beli starter pack dan kartu keanggotaan saja misalnya, atau yang sama sekali tidak memungut biaya pendaftaran seperti Bebas Bayar.

Di Bebas bayar sendiri, saya membina para downline saya bahkan hingga sampai level 8 walaupun saya tidak mendapatkan komisi dari level ini. Karena semua downline di bawah saya berhak mendapatkan web replika yg saya desain sendiri dan berhak bergabung di grup telegram yang saya bina langsung. Asalkan mau belajar y saya ajarin. Gitu aja prinsipnya.

So, yang mau belajar bisnis melalui bisnis jaringan, bisa bergabung di http://my.sobatbayar.com