Awas! Nama anda DICATUT orang di Facebook

Facebook saat ini memiliki lebih dari satu milyar pengguna. Statistik yang dirilis oleh Statista.com menunjukkan bahwa pengguna aktif facebook saat ini mencapai 1,55 milyar. Ini tentu angka yang sangat besar.pengguna-fb

Namun masalahnya, dibalik besarnya pengguna tersebut ada begitu banyak akun palsu dan salah satunya mungkin mencatut nama anda. Dia bertindak seperti anda, mengambil foto-foto anda dan membuat status seolah-olah dia itu anda.

Baru-baru ini ada sebuah akun facebook yang diduga palsu. Dalam akun palsu itu, dia mengupload foto-foto dengan dilengkapi kata-kata yang sangat sombong serta menjelek-jelekkan orang miskin. Tak disangka perkataannya kemudian disebarkan hingga menjadi viral dan dibaca banyak orang. Sudah barang tentu hampir semua orang balik memaki-maki gadis ini.

destiia

Namun ketika saya membaca sebuah blog (saya lupa alamatnya) ternyata foto-foto itu diambil dari akun seseorang. Tapi udah terlanjur jadi viral akhirnya ya gitu deh, udah susah dibendung. Apalagi konon kehebohan cewek ini sudah masuk ke media massa online, tambah ruwet lagi masalahnya.

Mengatasi Akun Dicatut Orang

Nah, bagaimana jika hal demikian terjadi pada anda? Ada orang iseng yang entah sakit hati atau marah gara-gara cintanya ditolak oleh anda, dia mencuri foto-foto anda lalu menguploadnya ke sebuah akun palsu.

Pertama yang harus kita kerjakan secara rutin adalah memeriksa apakah ada yang memakai nama dan foto kita di akun lain selain akun kita. Gunakan fasilitas search facebook.

Jika ketemu, buka profilnya lalu klik tanda …. yang ada di pojok kiri bawah cover facebook lalu pilih Report

lapor-fb1

Kemudian pilih Report This Account lalu klik Continue

lapor-fb2

Berikutnya pilih This timeline is pretending to be me or someone I know

lapor-fb3

Lalu pilih Me atau jika itu teman anda ya pilih Someone I know

lapor-fb4

Terakhir klik Submit to Facebook for Review

lapor-fb5

Biasanya butuh waktu sekitar 24 – 48 jam sebelum akun tersebut ditutup oleh Facebook. Saya sendiri sudah 2x mencoba di dua akun palsu atas nama saya dan alhamdulillah kedua akun tersebut sudah ditutup oleh facebook 🙂

Ok, mudah-mudahan sharing ini bermanfaat. Bantu sebarkan ke teman-temanmu ya. Siapa tahu salah satu dari mereka adalah korban pencatutan nama. Ngeri kan kalau sampai mengalami nasib seperti destia itu