Apa itu Support and Resistance?


Support and Resistance adalah batas bawah dan batas atas suatu pergerakan saham. Batas bawah disebut support sedangkan batas atas disebut resistance. Penentuan batas atas dan bawah ini diperoleh berdasarkan sejarah harga saham di hari-hari sebelumnya.

Anda bisa melihat pada gambar di atas, ada 2 garis biru yang saya gambar. Garis yang atas disebut resistance atau batas atas sedangkan garis bawah disebut support. Secara ajaib, garis bantu ini seolah menjadi pembatas pergerakan harga saham. Anda lihat tanda panah biru, begitu harga menyentuh garis di tanda panah biru, secara ajaib harga langsung turun kembali. Dan ketika bergerak menuju garis batas bawah, secara ajaib bergerak naik kembali ke atas. 

Bagaimana support dan resistance ini bisa terwujud? Apakah trader di seluruh dunia melakukan kesepakatan dulu sehingga hampir selalu bisa diprediksi apakah harga sudah cukup murah karena berada di garis support ataukah harga sudah cukup tinggi karena berada di garis resistance.

Garis2 ini terwujud karena ada kesamaan tujuan antar trader. Ketika harga menyentuh garis support, mereka yang memiliki saham, menjual sahamnya karena khawatir harga akan terus turun. Sedangkan yang belum memiliki, bergerak untuk membeli karena menganggap harga sudah murah.

Ketika jumlah pembeli lebih banyak dari yang menjual maka biasanya harga akan naik dan terwujudlah pantulan di garis support.

Nanti, ketika harga terus naik hingga sampai ke garis resistance, maka yang tadi sudah membeli di garis support akan menjualnya untuk mengambil keuntungan. Dan ketika harga memantul, maka yang menjual akan semakin banyak sehingga hargapun turun kembali.

Kebiasaan-kebiasaan inilah yang kemudian membuat harga menjadi fluktuatif namun bisa diprediksi. Karena sebagian besar trader juga bergerak berdasarkan fluktuasi harga yang sama.

Agar makin jelas tentang bagaimana cara menentukan garis support dan resistance ini, saya telah membuat sebuah video untuk ini. Silahkan menyaksikan

Silahkan komentar di bawah untuk bertanya atau memberikan usulan materi apa yang akan kita bahas di kesempatan yang lain