Analisa Saya: Bagaimana Hoax Hack KPU bermula

Ini melanjutkan artikel saya sebelumnya di sini. Dan barusan saya dapat inbox dari seorang teman ajakan untuk “mengamankan server KPU”. Saya copas dulu inbox-nya ya

JIHAD CYBER MUSLIM
——————

BISMILLAHIROBBILALAMIN
INNA SHOLATI WA NUSUQI WAMAHYAYA WA MA MATI LILLAHIROBBIL ALAMIN

Lakukan langkah-langkah ini
1. Kopikan file AnoNymIDDDOS.bat pada folder Desktop laptop atau komputer Anda. Pastikan sudah terkoneksi pada jaringan internet !!!
2. Jalankan file tsb dengan mengklik 2x (double klik)
3. Saat DDOS meminta Server Target , masukkan ” pilkada2017.kpu.go.id ” …
4. Lalu setelah selesai proses ping server tsb , maka DDOS akan minta IP HOST ,, masukkan IP ” 103.21.228.225 ” dan enter ..
5. DDOS akan meminta Packet Size , isi ” 10000 ” lalu enter .

AYO SELAMATKAN KPU !!!
ALLAHUAKBAR

ALLAH TIDAK AKAN MENYIA NYIAKAN SETIAP BYTE YANG KITA TEMBAKKAN KE IP SERVER MUSUH ISLAM
ALLAHUAKBAR

#MUJAHID212

Apa kesan anda ketika mendapatkan inbox seperti itu? Jika anda awam dan bersemangat untuk jihad cyber, saya yakin anda akan melakukan langkah-langkah yang diberikan di atas. Saya tahu sendiri ada banyak orang yg pengen ikut jihad cyber padahal kemampuan soal internet boleh dibilang kosong hehehe…

Ini ibarat pengen ikut perang, tapi gak punya senjata dan gak punya kemampuan fisik memadai. Hasilnya bukannya bantuin, malah bikin repot pasukan yang sudah ada.

Kembali ke pesan di atas, disertakan juga file AnoNymIDDDOS.bat seperti yang disebutkan dalam bentuk file rar lengkap dengan petunjuk cara penggunaannya. Mudah banget ya?

Berhubung saya programmer juga, pengen tahu dong isi filenya apaan. Eh ternyata isinya cuma kirim ping sebanyak angka yang disebutkan. Jadi misalnya anda isi 10.000, maka file itu akan melakukan ping 10.000 kali ke IP yang ditargetkan. Penjelasan apa itu Ping bisa dibaca di sini

Nah, pertanyaannya adalah IP siapa yang akan kita serang? Dalam pesannya disebutkan untuk memasukkan IP: 103.21.228.225

Milik siapa IP itu? Maka coba saja copas IP itu di browser anda, maka yang muncul adalah: https://pilkada2017.kpu.go.id/

KESIMPULANNYA: Perintah ajakan jihad itu, bukan untuk menyerang musuh, tapi justru menyerang webnya KPU dengan ribuan ping. Dan kalau pesan ini tersebar luas dan viral, maka ada ribuan orang gaptek yang gak sadar bahwa dia udah mencoba menyerang web KPU.

Next, Bikin info Hoax

Setelah pesan pancingan di atas tersebar dan sudah mulai ada orang yang semangat tapi dangkal ilmu melakukan dengan suka rela dengan niat Jihad Lillahi Ta’ala, akhirnya server KPU kelebihan beban kan?

Nah, mereka akhirnya melepaskan pesan kedua yang isinya ada upaya serang hacker ke website KPU.. bla..bla..bla itu.

Entah apa tujuannya, tapi saya menduga ini cuma pengalihan issue saja agar kecurangan nyata yang terjadi di lapangan dilupakan masyarakat terutama umat Islam yang masih awam soal teknologi dan proses pemilu.

DDOS Kacangan & Penyebab Hilangnya Akses ke web KPU

Sebenarnya teknik DDOS-nya termasuk kacangan sih. Karena dia melakukan ping berulang2 dari 1 IP bahkan 1 komputer. Tentu software penangkal DDOS di server KPU akan bisa menghalau dengan amat sangat mudah. Adminnya? Paling lagi ngopi di depan monitor sambil makan cemilan.

DDOS yang profesional itu melibatkan jutaan IP proxy. Tadinya saat saya mau cek source code-nya saya pikir juga ada list IP proxy-nya. Eh ternyata ndak ada. Jadi gampangannya, anda disuruh berjihad menyerbu benteng yang terbuat dari baja panas dan anda disuruh manjat. Ya sebanyak apapun anda, hasil akhirnya ya gosong semua.

Efek samping dari penggunaan file ini adalah, IP anda akan langsung diblokir oleh system KPU. Itu berjalan otomatis, bukan ngetik IP-nya manual pake mesin ketik gitu 😀 Repotnya adalah biasanya anda pake koneksi dari provider lokal yang IP-nya diacak. Sehingga ketika IP anda terblokir dan ada pengguna lain yang pake IP sama, maka diapun gak bisa akses web KPU.

Ini menjelaskan kenapa kok banyak yang gak bisa akses web KPU padahal di tempat saya aman-aman saja 🙂

Mudah-mudahan mencerahkan 🙂

Published by

Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia

2 thoughts on “Analisa Saya: Bagaimana Hoax Hack KPU bermula”

  1. Orang seperti anda yg diperlukan umat dalam era penuh fitnah ini. Ditunggu analisis dan umpan balik mencerahkannya untuk umat yang awam ini.

Comments are closed.