AGC di Google.co.id

Hari ini kira-kira ada 3 postingan di forum adsense-id yang semuanya membahas Auto generate content (AGC) yang banyak muncul di hasil pencarian google.co.id. Ketiganya sudah ditutup sih oleh moderator adsense-id, tapi itu meninggalkan ide buat saya untuk menulis di blog ini.

Sebagaimana telah saya tulis dalam artikel yang lalu, dalam membangun situs AGC, hendaknya kita tetap berpatokan pada segi manfaat. Misalnya kita menggunakan AGC dengan model grabbing data dari Bing atau Yahoo, maka sangat dianjurkan untuk memberi pedoman kepada para pencari yang kebetulan nyasar ke blog kita. Misalnya dengan kata-kata permintaan bahwa situs anda tidak menyediakan artikel berkaitan dengan kata kunci yang sedang mereka cari. Kemudian kita beritahukan bahwa hasil di bawah ini adalah artikel lain terkait kata kunci tersebut yang berasal dari blog lain.

Pengaturan link pun hendaknya diperhatikan. Jangan sampai membingungkan pengguna. Memberi link lagi ke hasil pencarian yang lain lagi hanya akan membuat pengunjung sebal. Mari kita berpikir seperti orang yang nongkrong di pinggir jalan. Saat ada orang tersesat dan bertanya pada kita, maka kita berikan petunjuk arah yang benar. Saya yakin orang itu akan sangat berterima kasih pada kita. Akan lain ceritanya bila kita justru melempar-lempar si penanya. Ini tentu akan membuat dia sebel.

Kita tahu dan terbiasa dengan bermain-main dengan search engine. Jadi kita bisa memberikan saran pencarian yang terbaik bagi pengunjung blog. Memberi informasi tips bagaimana mencari suatu artikel dengan baik saya rasa cukup bermanfaat deh. Nah, mari kita merubah pola pikir. Silahkan main AGC tapi tetap manusia-kan pengunjung blog kita.

Saya pribadi juga punya AGC, dan alhamdulillah lamanya waktu mereka di web saya rata-rata mencapai 3 menit, padalah isinya direct link semua ke sumber asli. Tapi kemudian saya sadari ternyata penyajian informasi yang saya lakukan cukup membantu sehingga merekapun menggunakan mesin pencarian saya berkali-kali untuk mencari informasi yang lain. Dan perlu anda tahu, rata-rata lamanya mereka disana, lebih lama daripada di blog ini lho.. hehehe…

Bahkan di hasil analisa google analytics, cukup banyak juga yang datang langsung alias direct visit tanpa lewat search engine. B0unch-nya juga hampir 50% aja.

Semuanya memang kembali kepada kita. Mau black atau hat kita tahu resikonya.